ANALISIS KARAKTERISTIK PETANI KOPI DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (Studi Pada Kepala Keluaga Petani Kopi di Kecamatan Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat)

DICKY, FIKRIAWAN (2022) ANALISIS KARAKTERISTIK PETANI KOPI DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (Studi Pada Kepala Keluaga Petani Kopi di Kecamatan Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER.BAB 1, BAB 5 ,DAPUS DICKY FIKRIAWAN.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI DICKY FIKRIAWAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kecamatan Balik Bukit merupakan salah satu Kecamatan yang ada di Lampung Barat dengan rata-rata penduduknya berprofesi sebagai petani. Jenis pekerjaan yang dilakukan oleh masyarakat memiliki dampak pada kondisi sosial ekonomi masyarakat itu sendiri. Masyarakat yang sejahtera tidak akan terwujud pada masyarakat yang hidup miskin. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Karakteristik Petani Kopi di Kecamatan Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat?, Bagaimana Pandangan Ekonomi Islam Terhadap Karakteristik Petani Kopi di Kecamatan Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat ?. adapun tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan menganalis karakteristik petani kopi di Kecamatan Balik Bukit Kabupaten Lampug Barat Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat dan Untuk mengetahui dan menganalisis pandangan Ekonomi Islam terhadap karakteristik petani kopi di Kecamatan Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan sumber data primer yang diperoleh dari hasil wawancara langsung kepada responden, selain itu juga menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik Kabupaten Lampung Barat. Hasil penelitian ini adalah menerangkan bahwa sebesar 40,42 % penduduk tidak tamat SD, sebagian besar jumlah tanggungan keluarga petani tergolong besar yaitu lebih dari 3 tanggungan. Sebagian besar pendapatan keluarga petani kopi dibawah UMK yaitu < Rp.2.155.326 per bulan, dengan demikian tingkat kesejahteraan petani kopi di Kecamatan Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat masih tergolong pada golongan Sejahtera I atau miskin. Dalam Islam kesejahteraan hanya dapat dicapai dengan usaha keras yang sesuai dalam pedoman Islam yaitu Al-Qur’an dan Al-Hadist. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesejahteraan adalah terpenuhinya kebutuhan primer, sekunder dan tersiers sedangkan dalam Islam tercapainya keimanan, ilmu, kehidupan, harta, dan keturunan. Kata Kunci: Ekonomi, Islam, Kesejahteraan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Mar 2022 06:13
Last Modified: 01 Mar 2022 06:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17824

Actions (login required)

View Item View Item