DAMPAK REVITALISASI PASAR TRADISIONAL TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG PASAR DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pasar Unit II Kecamatan Banjar Agung Kabupaten Tulang Bawang)

AYU, INDAH SAFITRI (2022) DAMPAK REVITALISASI PASAR TRADISIONAL TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG PASAR DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pasar Unit II Kecamatan Banjar Agung Kabupaten Tulang Bawang). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKIRPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKIRPSI AYU INDAH SAFITRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pasar tradisional merupakan salah satu bentuk ekonomi kerakyatan dan juga merupakan salah satu pilar ekonomi nasional di Indonesia. Program revitalisasi pasar tradisional ini dilakukan karena melihat kondisi Pasar Unit II Tulang Bawang yang semakin padat oleh para pedagang sebagai akibat dari adanya peningkatan jumlah penduduk yang menjalankan aktivitas disektor perdagangan, menyebabkan areal pasar ini tidak lagi mampu menampung pedagang (overcapacity), serta kebijakan dari Kementerian Perdagangan tentang merevitalisasi 5000 pasar tradisional salah satunya adalah Pasar Unit II Tulang Bawang. Penelitian ini termasuk penelitian yang menggunakan analisis kualitatif. Sumber data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Setelah keseluruhan data terkumpul selanjutnya dilakukan analisis dengan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui dampak revitalisasi pasar tradisional terhadap pendapatan pedagang dalam perspektif ekonomi Islam adalah dari segi bangunan menjadi lebih bagus, lebih bersih, tidak banjir lagi jika hujan. Tetapi dari segi pendapatan, tidak semua pasar menjadi ramai setelah direvitalisasi. Hasil yang didapati penulis dalam tinjauan Ekonomi Islam berhubungan dengan revitalisasi dan tingkat pendapatan yang telah memenuhi prinsip-prinsip pada ekonomi islam berupa ketauhiddan, keadilan, keseimbangan dan khalifah yang tidak boleh lepas dari Al-Qur,an dan Hadist. Kata Kunci: Revitalisasi Pasar, Pendapatan, dan Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Mar 2022 04:27
Last Modified: 01 Mar 2022 04:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17815

Actions (login required)

View Item View Item