TEKNIK KOMUNIKASI DALAM PEMBINAAN TAHFIDZ AL-QUR’AN BAGI SANTRI RUMAH TAHFIDZ AL-KAHFI DESA TEGAL BINANGUN KEC. SUMBEREJO KAB. TANGGAMUS

HESTI, AGISTIANI (2022) TEKNIK KOMUNIKASI DALAM PEMBINAAN TAHFIDZ AL-QUR’AN BAGI SANTRI RUMAH TAHFIDZ AL-KAHFI DESA TEGAL BINANGUN KEC. SUMBEREJO KAB. TANGGAMUS. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL HESTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Hesti Agistiani 1741010157 Teknik Komunikasi Dalam Pembinaan Tahfidz Al-Qur’an Bagi Santri Rumah Tahfidz Al-Kahfi Desa Tegal Binangun Kec Sumberejo Kab Tanggamus Rumah Tahfidz Al-Kahfi adalah lembaga sosial kemasyarakatan dan pendidikan yang syarat akan ilmu pengetahuan dan agama. Dalam hal ini adalah pembinaan tahfidz al-qur’an yang dilakukan oleh Pembina terhadap santri-santrinya. Dalam pembinaan tahfidz ini, Pembina menerapkan empat teknik, yaitu informative, persuasive, instruktif/ koersif dan hubungan manusiawi. Untuk mengetahui teknik komunikasi yang diterapkan oleh Pembina dalam pembinaan tahfidz, maka penulis dengan pertanyaan yang meliputi 2 hal : Bagaimana tehnik komunikasi yang digunakan dalam pembinaan santri di Rumah Tahfidz Al-Kahfi dan Bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat komunikasi dalam membina hafalan santri. Adapun teori yang digunakan penulis adalah teori dari Albert Bandura menjelaskan bahwa prilaku manusia mempunyai interaksi timbal balik yang berkesinambung antara kognitif, prilaku dan pengaruh lingkungan. Pada penelitian ini menggunakan penelitian lapangan, dalam penelitian ini dengan mengamati Pembina dan santri tahfidz al-qur’an rumah tahfidz al-kahfi. Kemudian yang diambil sebagai sampel yaitu 7 orang yang terdiri dari 2 orang Pembina dan 5 orang santri tahfidz al-qur’an. Penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data primer diperoleh langsung dari hasil penelitian menggenai pembinaan tahfidz al-qur’an bagi santri rumah tahfidz al-kahfi. Sedangkan data skunder yaitu berupa teori-teori dan data penunjang lainnya yang diperoleh dari perpustakaan, serta dokumentasi. Seluruh data tersebut merupakan bahan untuk mendekripsikan teknik komunikasi dalam pembinaan tahfidz al-qur’an bagi santri rumah tahfidz al-kahfi desa tegal binangun kec sumberejo kab tanggamus. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa teknik komunikasi dalam pembinaan tahfidz al-qur’an bagi santri rumah tahfidz al-kahfi sudah berjalan efektif, dalam penelitian ini teknik komunikasi persuasive dan hubungan manusiawi yang paling banyak digunakan dalam pembinaan tahfidz al-qur’an. Hal ini terlihat dari intensitas yang dilakukan setiap hari bertemu dan diterapkan dalam pembinaan iii tahfidz yang menghasilkan feedback langsung dari komunikan (santri), baik dalam bentuk tidandakan ataupun memberikan tindakan memberikan tanggapan mengenai materi tafidz yang disampaikan oleh Pembina, serta factor yang mendukung dan penghambat jalannya pembinaan tahfidz al-qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Mar 2022 03:02
Last Modified: 01 Mar 2022 03:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17809

Actions (login required)

View Item View Item