ANALISIS IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BIOLOGI SECARA DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA

CAMELIA, Atam (2022) ANALISIS IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BIOLOGI SECARA DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,5 dapus.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI CAMELIA.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Salah satu dampak dari pandemi Covid-19 yaitu dalam sektor pendidikan mengharuskan sistem pembelajaran diganti dengan pembelajaran daring agar proses pembelajaran tetap berlangsung , hal ini jelas mengubah pola Pembelajaran yang biasanya dilakukan di kelas berubah di rumah peserta didik masing-masing. Perubahan pembelajaran ini memberikan masalah atau kendala yang dialami oleh pendidik dan peserta didik. Seperti dengan jaringan internet yang tidak merata, sehingga terdapat peserta didik yang terkendala dengan jaringan internet yang tidak stabil, peserta didik kurang memahami materi, peserta didik merasakan bosan saat pembelajaran daring berlangsung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskripsi. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik MIPA kelas X,XI dan XII di 2 sekolah. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik proportionate random sampling dengan menggunakan rumus slovin, sehingga jumlah sampel yang didapat yaitu di sekolah X kelas X,XI,dan XII didapat 37 peserta didik sedangkan di Sekolah Y jumlah sampel yang didapet yaitu kelas X 33 peserta didik, XI dan XII sebanayk 31 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan wawancara, kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian bahwa implementasi pembelajaran daring menggunakan aplikasi pembelajaran google classroom dengan membagikan absen, membagikan materi berbentuk power point serta membagikan video pendukung pembelajaran. Disisi lain terdapat sekolah yang menggunakan whatsapp grup sebagai aplikasi pembelajaran dengan membagikan materi berbentuk power point serta tugas di whatsapp grup. Pembelajaran biologi muncul kendala seperti peserta didik kurang memahami materi, terkendala jaringan internet yang kurang stabil. Kata kunci : Pembelajaran biologi, pembelajaran daring

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Mar 2022 02:18
Last Modified: 01 Mar 2022 02:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17804

Actions (login required)

View Item View Item