Kompetensi profesional guru agama islam di Smp Negeri 2 Kalianda serta pengaruh terhadap hasil pembelajaran

Sahid, Muhammad (2017) Kompetensi profesional guru agama islam di Smp Negeri 2 Kalianda serta pengaruh terhadap hasil pembelajaran. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
PDF
Download (535kB) | Preview
[thumbnail of Halaman_Depan.pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Isi.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab_I.pdf]
Preview
PDF
Download (160kB) | Preview
[thumbnail of Bab_II.pdf]
Preview
PDF
Download (188kB) | Preview
[thumbnail of Bab_III.pdf]
Preview
PDF
Download (111kB) | Preview
[thumbnail of Bab_IV.pdf]
Preview
PDF
Download (434kB) | Preview
[thumbnail of Bab_V.pdf]
Preview
PDF
Download (67kB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
PDF
Download (32kB) | Preview

Abstract

Muhammad Sahid, Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 2 Kalianda Serta Pengaruhnya Terhadap Hasil Pembelajaran. SMP Negeri 2 Kalianda merupakan lembaga pendidikan negeri, yang mempunyai tanggung jawab untuk menjadikan peserta didiknya menjadi penerus bangsa yang mempunyai generasi yang bermanfaat bagi bangsa dan Negara. Sebagaimana dalam tujuan pendidikan. Kompetensi profesional guru pendidikan agama Islam dalam hal ini memiliki peran yang sangat penting, sehingga nilai-nilai yang pendidikan agama Islam yang ditanamkan dan diajarkan bukan hanya menjadi ilmu pengetahuan saja, tetapi dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan oleh pihak sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional terutama guru pendidikan agama Islam demi terlaksananya mutu proses pembelajaran PAI yang lebih baik serta dapat menambah wawasan bagi penulis tentang kompetensi profesional guru pendidikan agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan dan menggambarkan fenomena-fenomena yang ada di lokasi penelitian. Data yang diambil peneliti adalah melalui pengamatan yang seksama yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi, agar hasil penelitian ini tersusun sistematis maka langkah-langkah peneliti dalam menganalisis data adalah pertama, dengan memilih hal-hal pokok dan memfokuskan kepada hal-hal yang sangat penting. Kedua,menyajikan data yang dilakukan dalam bentuk uraian singkat, tabel dan sejenisnya. Ketiga, menarik kesimpulan guna menjawab rumusan masalah yang dirumuskan sejak awal. Hasil dari analisis data dapat disimpulkan bahwa : ada 3 indikator kompetensi profesional guru agama Islam yaitu : 1) Penguasaan materi pelajaran yang terdiri atas penguasaan bahan yang harus diajarkan dan konsep-konsep dasar keilmuan dari bahan yang diajarkannya itu, maksud dari hal tersebut bahwasannya seorang guru agama Islam harus menguasai materi pelajaran yang akan diajarkan di dalam kegiatan belajar mengajar; 2) Penguasaan dan penghayatan atas landasan dan wawasan kependidikan dan keguruan, maksudnya bahwa seorang guru harus menguasai dan menghayati landasan dan wawasan kependidikan dan keguruan; dan 3) Penguasaan proses-proses kependidikan, keguruan dan pembelajaran siswa, maksudnya seorang guru harus menguasai proses-proses kependidikan dan keguruan dan pembelajaran siswa adalah seorang guru harus bisa menguasai metode, strategi, model pembelajaran dan seorang guru juga mampu mengevaluasi proses pembelajaran siswa di dalam kelas. Hasil Pembelajaran peserta didik SMP Negeri 2 Kalianda dilihat dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik juga sudah baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 31 Oct 2017 04:08
Last Modified: 31 Oct 2017 04:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1780

Actions (login required)

View Item View Item