PENGARUH PENGETAHUAN NASABAH TERHADAP MINAT MELAKUKAN SWITCHING BRAND PADA BANK SYARIAH

FITRI, LIWANDANI (2022) PENGARUH PENGETAHUAN NASABAH TERHADAP MINAT MELAKUKAN SWITCHING BRAND PADA BANK SYARIAH. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1, BAB 5 ,DAPUS LIWANDANI.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI LIWANDANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penanaman pengetahuan mengenai perbankan syariah dan produk�produknya menjadi hal yang penting dan sangat dibutuhkan. Pengetahuan yang dipahami nasabah menjadi faktor yang mempengaruhi hasil nasabah dalam memilih layanan perbankan syariah. Pengetahuan nasabah menjadi salah satu pemicu terjadinya perilaku berpindah atau switching brand. Perilaku switching brand merupakan sesuatu yang wajar dan biasa, dengan berbagai faktor yang ada perilaku berpindah ini tentu saja menjadi hal yang harus dipelajari dengan baik oleh pihak bank, sehingga para nasabah tetap pada satu perusahaan dan tidak berpindah ke perusahaan lain.Penelitian ini dilakukan kepada nasabah Bank Syariah.Penelitian ini menggunakan satu variabel independen yaitu pengetahuan nasabah (X) dan satu variabel dependen yaitu minat (Y). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pengetahuan nasabah berpengaruh terhadap minat melakukan switching brand. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, pengumpulan data menggunakan metode penyebaran angket kuesioner. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random samplingsebanyak 50 responden. Untuk analisis data menggunakan SPSS 16. Kemudian dilakukan uji instrument menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan berlanjut ke uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tingkat pengetahuan nasabah terhadap produk-produk bank syariah masih tergolong rendah. Mereka melakukan keputusan untuk membeli produk bank syariah tidak semata-mata atas pengetahuan yang mereka miliki akan produk dan sistem yang ada didalamnya, melainkan memilih karena faktor-faktor dari luar ataupun lingkungan. Pada hasil pengujian statistik diperoleh nilai Thitung pada variabel pengetahuan nasabah (X) sebesar 6,280 > 2,010 Ttabel dengan nilai signifikansi 0,000 yang berarti bahwa semakin tinggi tingkat pengetahuan nasabah maka semakin tinggi minat untuk melakukan switching brand. Dimana tingkat pengetahuan yang baik mengenai perbankan berserta sistem dan produk-produk yang ditawarkan pada masing-masing banknya maka dapat membuat nasabah mengerti dan dapat membandingkan apa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki antar bank satu dengan yang lainnya. Kata Kunci: Pengetahuan Nasabah, Minat, Switching Brand. iii ABSTRAK The cultivation of knowledge about Sharia banking and its products is important and much needed. The knowledge understood by the customer is a factor that influences the customer's results in choosing Sharia banking services. Customer knowledge becomes one of the triggers of switching behavior or switching brands. Brand switching behavior is something natural and ordinary, with a variety of factors that exist this moving behavior is certainly something that must be learned well by the bank, so that customers remain in one company and do not move to another company. This research was conducted to Sharia Bank customers. This study uses one independent variable, namely customer knowledge (X) and one dependent variable namely interest (Y). The problem formulation in this study is the extent of customer knowledge on Sharia Bank products, and whether customer knowledge affects the interest in switching brands. This study uses quantitative method, data collection using questionnaire questionnaire dissemination method. While sampling using simple random sampling techniques as many as 50 respondents. For data analysis use SPSS 16. Then performed instrument test using validity test, reliability test, normality test and continued to hypothesis test. The results showed that the level of customer knowledge on sharia bank products is still relatively low. They make the decision to buy sharia bank products not only for the knowledge they have of the products and systems contained in them, but choose because of external or environmental factors. In the statistical test results obtained Thitung value on customer knowledge variable (X) of 6,280 > 2,010 Ttabel with a significance value of 0.000 which means that the higher the level of customer knowledge, the higher the interest not to switch brands. Where the customer will feel that the product used is appropriate and in accordance with what is needed is not only what is desired. Keywords: Customer Knowledge, Interests, Brand Switching.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Feb 2022 07:21
Last Modified: 25 Feb 2022 07:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17796

Actions (login required)

View Item View Item