PENGARUH PEMBIAYAAN DAN KECUKUPAN MODAL TERHADAP KEMAMPUAN MENDAPATKAN LABA DARI ASETPADA BANK SYARIAH DI INDONESIA (Studi pada Bank Umum Syariah Tahun 2014-2018)

APRILI, GLEDIA (2022) PENGARUH PEMBIAYAAN DAN KECUKUPAN MODAL TERHADAP KEMAMPUAN MENDAPATKAN LABA DARI ASETPADA BANK SYARIAH DI INDONESIA (Studi pada Bank Umum Syariah Tahun 2014-2018). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI APRILI GLEDIA PDF.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan perbankan syariah di indonesia sangatlah pesat selama sepuluh tahun terakhir. Hal ini didukung oleh demografi indonesia yang memeberikan keuntungan bagi perkembangan perbankan syariah karena indonesia memiliki populasi muslim terbesar di dunia yang akan menjadi pelaku kemajuan perbankan syariah di indonesia. Oleh karena itu tata kelola pembiayaan dan kecukupan modal yang baik menjadi sangat penting dalam peningkatan laba (return on asset) bank syariah tersebut. Adaupun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah pembiayaan berpengaruh terhadap kemampuan mendapatkan laba dari asset pada bank syariah di Indonesia, Apakah kecukupan modal berpengaruh terhadap kemampuan mendapatkan laba dari aset pada bank syariah di indonesia. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah pembiayaan berpengaruh terhadap kemampuan mendapatkan laba dari asset di banksyariah di Indonesia, Untuk mengetahui apakah kecukupan modal berpengaruh terhadap kemampuan mendapatkan laba dari aset pada bank syariah di indonesia. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, objek penelitian ini adalah Bank Umum Syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan periode 2014-2018 dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 10 Bank Umum Syariah. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan IBM SPSS statistic 17. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel pembiayaan selama periode pengamatan penelitian terbukti tidak berpengaruh terhadap kemampuan mendapatkan laba dari aset (ROA) pada Bank Umum Syariah di Indonesia. Sedangkan, variabel kecukupan modal (CAR) selama periode pengamatan penelitian terbukti berpengaruh positif terhadap kemampuan mendapatkan laba dari aset (ROA) pada Bank Umum Syariah di Indonesia. Kata kunci: Pembiayaan, Kecukupan Modal (Current Adequacy Ratio), Return On Asset

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Feb 2022 06:22
Last Modified: 25 Feb 2022 06:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17780

Actions (login required)

View Item View Item