PENGARUH PENGETAHUAN NASABAH TERHADAP MINAT MELAKUKAN SWITCHING BRAND PADA BANK SYARIAH

FITRI, LIWANDANI (2022) PENGARUH PENGETAHUAN NASABAH TERHADAP MINAT MELAKUKAN SWITCHING BRAND PADA BANK SYARIAH. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1, BAB 5 ,DAPUS LIWANDANI.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI LIWANDANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penanaman pengetahuan mengenai perbankan syariah dan produk�produknya menjadi hal yang penting dan sangat dibutuhkan. Pengetahuan yang dipahami nasabah menjadi faktor yang mempengaruhi hasil nasabah dalam memilih layanan perbankan syariah. Pengetahuan nasabah menjadi salah satu pemicu terjadinya perilaku berpindah atau switching brand. Perilaku switching brand merupakan sesuatu yang wajar dan biasa, dengan berbagai faktor yang ada perilaku berpindah ini tentu saja menjadi hal yang harus dipelajari dengan baik oleh pihak bank, sehingga para nasabah tetap pada satu perusahaan dan tidak berpindah ke perusahaan lain.Penelitian ini dilakukan kepada nasabah Bank Syariah.Penelitian ini menggunakan satu variabel independen yaitu pengetahuan nasabah (X) dan satu variabel dependen yaitu minat (Y). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pengetahuan nasabah berpengaruh terhadap minat melakukan switching brand. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, pengumpulan data menggunakan metode penyebaran angket kuesioner. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random samplingsebanyak 50 responden. Untuk analisis data menggunakan SPSS 16. Kemudian dilakukan uji instrument menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan berlanjut ke uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tingkat pengetahuan nasabah terhadap produk-produk bank syariah masih tergolong rendah. Mereka melakukan keputusan untuk membeli produk bank syariah tidak semata-mata atas pengetahuan yang mereka miliki akan produk dan sistem yang ada didalamnya, melainkan memilih karena faktor-faktor dari luar ataupun lingkungan. Pada hasil pengujian statistik diperoleh nilai Thitung pada variabel pengetahuan nasabah (X) sebesar 6,280 > 2,010 Ttabel dengan nilai signifikansi 0,000 yang berarti bahwa semakin tinggi tingkat pengetahuan nasabah maka semakin tinggi minat untuk melakukan switching brand. Dimana tingkat pengetahuan yang baik mengenai perbankan berserta sistem dan produk-produk yang ditawarkan pada masing-masing banknya maka dapat membuat nasabah mengerti dan dapat membandingkan apa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki antar bank satu dengan yang lainnya. Kata Kunci: Pengetahuan Nasabah, Minat, Switching Brand.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Feb 2022 05:04
Last Modified: 25 Feb 2022 05:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17764

Actions (login required)

View Item View Item