PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VA SDN 03 ARGOMULYOKEC. BANJIT KAB. WAY KANAN

PUJI, ASTUTI (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VA SDN 03 ARGOMULYOKEC. BANJIT KAB. WAY KANAN. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VA SDN 03 ARGOMULYO KEC. BANJIT KAB. WAY KANAN Oleh: Puji Astuti Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran SDN 03 Argomulyo, sehingga aktivitas dan hasil belajar yang diperoleh peserta didik belum mencapai KKM yang telah ditetapkan. Sehingga Apakah penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning dapat meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VA SDN 03 Argomulyo Kec. Banjit Kab. Way Kanan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VA SDN 03 Argomulyo Kec. Banjit Kab. Way Kanan pada pembelajaran 7 sampai dengan 10 dengan menggunakan Model Pembelajaran Quantum Learning. Penelitian ini termasuk dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklusnya terdiri dari 5 kali pertemuan, namun karena pengaruh Covid 19, maka pembelajaran dilaksanakan secara luring atau bergantian yaitu dalam satu kelas di bagi menjadi 2 bagian yaitu pada hari Rabu dan Jumat sehingga semuanya menjadi 20 kali pertemuan dengan 4 pembelajaran. Dalam Satu siklus terdiri dari 4 tahap kegiatan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas VA SDN 03 Argomulyo Kec. Banjit Kab. Way Kanan dengan jumlah 20 peserta didik terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 9 siswi perempuan, pada pembelajaran PAI 7 Sampai Dengan 10 tahun pelajaran 2020/2021 dengan menggunakan kurikulum 2013. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar peserta didik yang mencapai KKM pada pembelajaran PAI 7 sampai dengan 10, rata-rata ketuntasan pada siklus I adalah 55% dan pada siklus II mengalami peningkatan 25% menjadi 80%. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa ditandai dengan tercapainya kriteria ketuntasan minimum (KKM) dengan rata-rata ketuntasan mencapai 75% pada pembelajaran PAI 7-10. Kata Kunci: Penelitian, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Feb 2022 03:50
Last Modified: 25 Feb 2022 03:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17754

Actions (login required)

View Item View Item