PENGGUNAAN MEDIA BALOK IQRA BERWARNA WARNI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 1 DI SD ROUDLATUL QURAN 04 JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN

NURUL, KHOTIMAH (2022) PENGGUNAAN MEDIA BALOK IQRA BERWARNA WARNI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 1 DI SD ROUDLATUL QURAN 04 JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran yang bermutu tingi merupakan kunci utama dalam pendidikan. Minat belajar siswa yang kurang terutama dalam pembelajaran Al Qur’an Hadist bisa mengakibatkan hasil belajar Al Qur’an Hadist yang belum optimal. Untuk itu perlu segera dicari alternative pemecahannya agar minat siswa dalam pembelajaran Al Qur’an Hadist dapat meningkat. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melalui media pembelajaran balok iqro berwarna warni. Penelitian ini merumuskan masalah tentang apakah dengan penggunaan media balok iqro berwarna warni dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas 1A SD Roudlatul Qur’an 04 Jati Agung. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa SD Roudlatul Qur’an dalam menerapkan media belajar balok iqro berwarna warni. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1A yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 19 siswa perempuan dan 11 siswa putra. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus. Untuk teknik pengumpulan data digunakan teknik observasi, wawancara dan angket melalui alat pengumpulan adat berupa materi soal tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil yang diperoleh pada pra siklus, siklus ke I sampai siklus II menunjukan bahwa sebelum tindakan kelas rata-rata menunjukkan 62,8% dari hasil angket minat belajar siswa yang sudah dilaksanakan. Sedangkan pada siklus I menunjukkan rata-rata 81,9% dan siklus II 90%. Hal ini dapat dilihat dari semakin mantapnya semangat siswa terhadap materi yang disampaikan guru (Minat belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II) yaitu masing-masing 81,9% dan 90%. Berakhir di siklus II menunjukan ketuntasan belaajar untuk Peningkatan minat belajar siswa secara klasikal telah tercapai secara sempurna. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan, bahwa dengan menggunakan media balok iqro berwarna warni dapat meningkatkan minat belajar siswa yang semakin tinggi. Saran yang dapat penulis berikan bisa dijadikan acuan baahwa media balok iqro berwarna warni bisa dijadikan alternative bagi guru dan siswa dalam meningkatkan minat belajar siswa dan kualitas pendidikan terutama dalam menumbuhkan keaktivas belajar siswa agar lebih berani dan percaya diri dalam mengngkapkan pendapat. Kata Kunci: Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Alqur’an Hadist, Media Balok Iqro Berwarna Warni

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Feb 2022 03:48
Last Modified: 25 Feb 2022 03:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17751

Actions (login required)

View Item View Item