ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS GUNA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN EKONOMI KARYAWAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Perusahaan Roti Suasono, Teluk Betung - Bandar Lampung)

ARTIKA, MARTA ANDANI (2022) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS GUNA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN EKONOMI KARYAWAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Perusahaan Roti Suasono, Teluk Betung - Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI ATIKA MARTA ANDANII.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Pengembangan home industry menjadi suatu hal yang sangat krusial, mengingat bahwa home industry sendiri memiliki peran yang sangat penting demi pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui usahanya dalam merekrut tenaga kerja. Home industry juga berperan dalam pendistribusian hasil - hasil pembangunan dan merupakan motto penggerak pertumbuhan aktivitas ekonomi nasional. Namun yang menjadi permasalahan bagi pelaku home industry dalam mengembangkan usahanya adalah mengenai peningkatan kesejahteraan ekonomi karyawan, salah satunya adalah kurangnya strategi untuk meningkatkan pendapatan karyawan. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan bisnis perusahaan Suasono Roti yang beralamatkan di Kupang Raya Teluk Betung guna meningkatkan kesejahteraan ekonomi karyawan dan untuk mengetahui bagaimana pandangan ekonomi Islam tentang strategi pengembangan bisnis tersebut dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi karyawannya. Data dalam penelitian ini bersumber dari data primer yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan dengan pihak perusahaan, dan karyawan. Data yang dihasilkan kemudian diolah menggunakan analisis metode kualitatif yang memusatkan pada masalah yang terjadi pada saat ini. Dalam prosesnya, data diolah tidak sekedar mengumpulkan data lalu diolah akan tetapi juga dianalisa, diteliti dan diinterpretasikan serta membuat kesimpulan dan memberikan saran yang kemudian disusun pembahasannya secara sistematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan bisnis yang dilakukan oleh perusahaan Suasono Roti adalah dengan menggunakan bauran pemasaran (marketing mix) yang meliputi produk yang halal, harga yang terjangkau, dan promosi yang transparan. Dengan strategi tersebut yang telah dilakukan oleh perusahaan menghasilkan peningkatan omset penjualan dan mampu memperluas area pemasaran hingga keluar daerah bahkan provinsi. Meskipun perusahaan memiliki omset yang besar akan tetapi perusahaan masih belum bisa memberikan upah yang sesuai dengan yang ditetapkan oleh pemerintah melalui penetapan UMR provinsi Lampung. Karena sistem pemberian upah yang diterapkan oleh perusahaan menggunakan sistem upah berdasarkan kinerja karyawan. Strategi yang digunakan oleh perusahaan Suasono Roti dalam penyediaan bahan baku, proses produksi, dan dampaknya terhadap lingkungan sekitar secara keseluruhan sudah sesuai dengan konsep ekonomi Islam yaitu halal, baik, aman, dan tidak merusak lingkungan sekitar. Tetapi dalam hal mensejahterakan karyawan perusahaan Suasono Roti masih memberikan upah kepada beberapa karyawan dibawah batas yang telah ditetapkan oleh pemerintah sehingga kesejahteraan ekonomi karyawan belum terpenuhi secara optimal. Kata kunci : Strategi Pengembangan Bisnis, Kesejahteraan Ekonomi Karyawan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Feb 2022 02:57
Last Modified: 25 Feb 2022 02:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17744

Actions (login required)

View Item View Item