LAILI, SHABRINA (2022) HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DAN DUKUNGAN GURU DENGAN KETERLIBATAN BELAJAR PADA SISWA SMP. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (1MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DAN DUKUNGAN GURU DENGAN KETERLIBATAN BELAJAR PADA SISWA SMP Oleh : Laili Shabrina Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara self efficacy dan dukungan guru dengan keterlibatan belajar pada siswa SMP. Hipotesis yang digunakan penelitian ini adalah hubungan antara self efficacy dan dukungan guru dengan keterlibatan belajar pada siswa SMP. Pendekatan penelitian kuantitatif korelasi melibatkan 63 orang siswa kelas VIII SMP Perintis 2 Bandar Lampung tahun ajaran 2020/2021 dari jumlah populasi 140 orang siswa dengan menggunakan double sampling yaitu purposive sampling dan quota sampling. Teknik pengambilan data dengan menggunakan skala likert yang terdiri dari tiga skala yaitu, skala keterlibatan belajar 24 aitem (α=), skala self efficacy 23 aitem (α=) dan perceived academic teacher support scale 23 aitem (α=). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi berganda dengan bantuan software SPSS 22.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Ada hubungan antara self efficacy dan dukungan guru dengan keterlibatan belajar pada siswa SMP dengan nilai koefisien korelasi (r) = 0.820 nilai F = 61. 438 dengan signifikan p = 0.000 (p ≤ 0.01). Kedua varibel bebas memberikan sumbangan dengan presentase sebesar 67, 2% pada variabel terikat dan 32, 8% disebabkan oleh faktor-faktor yang lain dari variable keterlibatan belajar siswa. 2) Ada hubungan antara self efficacy dengan keterlibatan belajar pada siswa SMP dengan nilai koefisien korelasi sebesar (rx1- y) = 0.816 dengan p = 0.000 (p < 0. 01), ini berarti hipotesis kedua diterima. Variabel self efficacy memberikan sumbangan efektif sebesar 63. 2%. 3) Ada hubungan antara dukungan guru dengan keterlibatan belajar pada siswa SMP dengan nilai koefisien korelasi sebesar (rx2- y) = 0. 439 dengan p = 0, 000 (p<0,01) hal ini dapat di artikan hipotesis ketiga diterima.Variabel dukungan guru memberikan sumbangan efektif sebesar 3. 9%. Kata Kunci : Keterlibatan Belajar, Self Efficacy, Dukungan Guru
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Psikologi Agama |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Psikologi Agama |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 24 Feb 2022 04:53 |
Last Modified: | 24 Feb 2022 04:53 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17739 |
Actions (login required)
View Item |