ANALISIS PENILAIAN PRINSIP 5C+1S CALON DEBITUR TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBIAYAAN ARRUM ( Study pada Pegadaian Syariah Cabang Radin Intan)

RATNA, JUWITA SARI (2022) ANALISIS PENILAIAN PRINSIP 5C+1S CALON DEBITUR TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBIAYAAN ARRUM ( Study pada Pegadaian Syariah Cabang Radin Intan). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI RATNA JUWITA SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (40MB)

Abstract

ABSTRAK Pegadaian Syariah merupakan unit usaha dari PT Pegadaian, salah satu lembaga keuangan milik pemerintah. Pegadaian syariah mnyediakan berbagai produk berbasis gadai dan memberikan layanan pembiayaan lain dengan prinsip syariah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari analisis penilaian prinsip 5C+1S terhadap efektivitas pembiayaan Arrum BPKB pada Pegadaian Syariah cabang Radin Intan. Sebelum menyalurkan dana melalui pembiayaan kepada calon debitur, tim mikro pegadaian syariah terlebih dahulu melakukan penilaian analisa kelayakan nasabah untuk mengetahui layak atau tidaknya calon debitur dalam menerima pembiayaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus dan bersifat penelitian deskriptif. Metode yang digunakan yaitu, wawancara kepada tim mikro pegadaian. Metode angket dengan mengajukan pertanyaan mengenai prosedur penilaian pembiayaan, tim yang bertugas melakukan analisis kelayakan usaha, dan kendala yang di hadapi. Metode observasi yaitu langsung datang ke kantor pegadaian syariah, dan metode dokumentasi menyimpan bukti berupa surat, dokumen, gambar yang berkaitan dengan penelitian. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa penilaian prinsip 5C+1S berperan penting terhadap efektivitas pada prosedur pembiayaan Arrum BPKB. Berdasarkan evaluasi efektivitas pembiayaan yang meliputi proses pengajuan, penyaluran dan pengembalian. Pegadaian syariah radin intan mengalami kendala pada proses penyaluran di karnakan dampak pandemi yang menyebabkan efektivitas pembiayaan menurun. Penyaluran pembiayaan bulan Januari pada bulan Januari sebesar Rp 114.000.000 hanya mencapai 13% dari target, bulan Februari sebesar Rp 146.000.000 hanya mencapai 16% dari target, bulan Maret sebesar Rp 231.100.000 hanya mencapai 26% dari target, pada bulan April sebesar Rp 382.000.000 hanya mencapai 42% dari target dan pertengahan Mei sementara masih sebesar 23.000.000 hanya mencapai 3%. Kata kunci: Prosedur Pembiayaan, Prinsip Pembiayaan, Efektivitas, Arrum BPKB

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Feb 2022 07:12
Last Modified: 23 Feb 2022 07:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17732

Actions (login required)

View Item View Item