PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES DENGAN MIND MAPPING TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILL MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI MIPA

SHELY, NOPERIANI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES DENGAN MIND MAPPING TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILL MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI MIPA. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (8MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES DENGAN MIND MAPPING TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILL MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI MIPA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan kontribusi model pembelajaran conceptual understanding procedures dengan mind mapping terhadap higher order thinking skill peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI mipa SMA Negeri 6 Bengkulu Selatan. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling yang terdiri atas kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan matode quasi eksperiment atau eksperimen semu yang5memiliki kelompok6kontrol, tetapi tidak sepenuhya untuk8mengontrol variabel�variabel5luar yang7mempengaruhi pelaksanaan proses penelitian. Penelitian ini menggunakan desain pretest-postest control gruop design. Kelas ekperimen menggunakan model pembelajaran conceptual understanding procedures dengan mind mapping dan untuk kelas kontrol menggunakan model discovery learning. Analisis uji hipotesis pertama menggunakan uji t independent sampel tes diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,00 hal ini menunjukan bahwa model pembelajaran conceptual understanding procedures dengan mind mapping berpengaruh signifikan terhadap higher order thinking skill karena diperoleh sig (2-tailed) 0,00 < 0,05. Untuk hipotesis kedua menggunakan uji koefesien determinasi untuk mengetahui kontribusi model pembelajaran conceptual understanding procedures dengan mind mapping. Diperoleh sig (2-tailed) 0,00 < 0,05 koefesien determinsi R2 sebesar 33,52%. Hal ini berarti model pembelajaran conceptual understanding procedures dan mind mapping berdistribusi terhadap higher order thinking skill peserta didik XI mipa di SMA Negeri 6 Bengkulu Selatan. Kata Kunci: Conceptual Understanding Procedures, Higher Order Thinking Skill, Mind Mapping

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Feb 2022 04:46
Last Modified: 23 Feb 2022 04:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17730

Actions (login required)

View Item View Item