MANAJEMEN PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN KLIEN DI WALIMAH SYAR’I WEDDING ORGANIZER KOTA BANDAR LAMPUNG

DEDE, HOLIFAHTUL NAIMA (2022) MANAJEMEN PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN KLIEN DI WALIMAH SYAR’I WEDDING ORGANIZER KOTA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI Dede Holifahtul Naima.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Bagi sebuah organisasi bisnis dalam sektor jasa manajemen pelayanan akan sangat menentukan keberlangsungan organisasi bisnis tersebut, hal ini dikarenakan apabila kualitas pelayanan yang diberikan bagus maka akan menimbulkan kepuasan pada pelanggan sehingga jalannya bisnis dapat berlangsung dengan baik. Adapun sebaliknya apabila kualitas manajemen pelayanan yang diberikan tidak bagus akan menimbulkan ketidakpuasan pada pelanggan sehingga menimbulkan citra buruk dan menghambat jalannya bisnis di masa mendatang. Perkembangan dalam dunia bisnis banyak menumbuhkan bisnis-bisnis baru dari berbagai sektor termasuk dalam sektor jasa, salah satunya adalah bisnis jasa wedding organizer (WO). Walimah Syar’i Wedding Organizer merupakan lembaga bisnis Islam yang bergerak di bidang jasa pelayanan pernikahan yang dikhususkan untuk umat Islam. Keberlangsungan dari bisnis ini tentunya akan ditentukan oleh bagaimana kualitas manajemen pelayanan yang diberikan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap lebih jauh tentang bagaimana manajemen pelayanan yang diterapkan di Walimah Syar’i Wedding Organizer dalam upaya untuk meningkatkan kepuasan klien. Metode penelitian yang digunakan yaitu penilitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di Walimah Syar’i Wedding Organizer. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara baik kepada pihak Walimah Syar’i Wedding Organizer maupun kepada pihak klien dan disertai dengan observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data dilakukan menggunakan pola Miles dan Huberman yaitu melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Walimah Syar’i Wedding Organizer sudah menerapkan manajemen pelayanan dengan cukup baik dengan diterapkannya perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan dapet memberikan kepuasan kepada klien yang memakai jasa Walimah Syar’i Wedding Organizer. Walimah syar’i wedding organizer juga memberikan kualitas pelayanan yang baik dilihat dari faktor kehandalan (reliability), daya tanggap (responsivenerss), jaminan (assurance), kepedulian (emphaty), dan bukti fisik (tengible). Kepuasan klien dapat dilihat dari kemampuan Walimah Syar’i Wedding Organizer dalam memenuhi ekspektasi klien yang mana hal tersebut mendorong klien iii untuk merekomendasikan jasa Walimah Syar’i Wedding Organizer kepada kerabat yang lain. Kata Kunci : Manajemen Pelayanan, Kepuasan konsumen, Wedding Organizer

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Feb 2022 04:31
Last Modified: 23 Feb 2022 04:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17726

Actions (login required)

View Item View Item