PERKEMBANGAN HARGA DIRI MELALUI PEMBELAJARAN MODEL SENTRA DI PAUD SERUNI SUKARAME KOTA BANDAR LAMPUNG

Dwi, Utami (2022) PERKEMBANGAN HARGA DIRI MELALUI PEMBELAJARAN MODEL SENTRA DI PAUD SERUNI SUKARAME KOTA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Anak dengan harga diri yang tinggi mampu menampilkan dirinya sebagai pribadi yang menyenangkan, mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan, mandiri, aktif, berani mengemukakan pendapat, dan percaya terhadap dirinya sendiri. Anak-anak usia 5-6 tahun yang berada di PAUD Seruni Sukarame Kota Bandar Lampung, masih ada di antara mereka yang masih belum memiliki rasa percaya diri yang baik, seperti pemalu dan bersikap kurang baik. Di samping itu dalam meningkatkan perkembangan anak guru menggunakan model pembelajaran yang menyenangkan bagi anak seperti model pembelajaran sentra yang memberi kebebasan lebih leluasa pada anak untuk berekspresi dan melatih anak agar lebih mandiri. Tulisan ini bermaksud untuk membahas tentang sejauh mana perkembangan harga diri anak usia dini yang berada di PAUD Seruni Sukarame Kota Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 15 orang anak, dan guru yang mengajar di PAUD Seruni Sukarame Kota Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara,observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, kesimpulan atau verifikasi. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat empat aspek harga diri yang dikembangkan yaitu kekuatan individu, keberartian diri, kebajikan, kompetensi. Dalam meningkatkan harga diri guru yang ada di PAUD Seruni menggunakan pembelajaran model sentra dimana kegiatan pembelajaran ini dilakukan dengan kegiatan sentra seni. Dengan pembelajaran ini anak akan lebih mudah berinteraksi dengan teman�temannya, anak diberi kebebasan untuk melakukan hal yang mereka suka, seperti anak bebas memilih gambar apa yang mereka buat saat kegiatan sentra seni, serta warna apa yang akan mereka gunakan pada gambarnya. Selain itu juga dalam sentra ini anak melakukan kegiatan menyanyi, seperti menyanyikan lagu dua mata saya, lihat kebun ku, naik delman dan lain-lain. Dalam kegiatan benyanyi ini anak-anak sangat senang, sehingga saat ada anak yang maju ke depan kelas untuk bernyanyi anak yang lain mengikuti juga. Selanjutnya guru mengajak anak untuk berinteraksi tentang pengalaman setelah main disinilah anak diberi kesempatan untuk bercerita tentang kegiatan yang mereka iii lakukan. Dengan kegiatan pembelajaran model sentra ini harga diri anak dapat meningkat. Kata kunci: Harga diri, Model sentra. iv ABSTRACT Children with high self-esteem are able to present themselves as pleasant individuals, easily adapt to the environment, independent, active, dare to express opinions, and believe in themselves. Children aged 5-6 years who are in PAUD Seruni Sukarame Bandar Lampung City, there are still some of them who still do not have good self�confidence, such as being shy and being unkind. In addition, in improving the development of children, teachers use learning models that are fun for children such as the learning center model which gives children more freedom to express and train children to be more independent. This paper intends to discuss the extent to which the development of self-esteem of early childhood in PAUD Seruni Sukarame, Bandar Lampung City. The method used in this research is descriptive qualitative research. The subjects in this study were 15 children aged 5-6 years, and teachers who teach at PAUD Seruni Sukarame Bandar Lampung City. Data collection techniques in this study used interview, observation and documentation techniques. Data analysis uses data reduction, data presentation, conclusion or verification. To test the validity of the data, the researchers used a source triangulation technique. Based on the results of the study, it can be concluded that there are four aspects of self-esteem that have been developed, namely individual strength, self-worth, virtue, and competence. In increasing the self-esteem of teachers at PAUD Seruni, they use a learning center model where this learning activity is carried out with art center activities. With this learning it will be easier for children to interact with their friends, children are given the freedom to do what they like, such as children are free to choose what pictures they make during art center activities, and what colors they will use in the pictures. Apart from that, in this center, children also carry out singing activities, such as singing my two eyes song, seeing my garden, riding a wagon and so on. In this singing activity, the children were very happy, so when a child came to the front of the class to sing, the other children followed as well. Furthermore, the teacher invites children to interact about the experience after playing, this is where children are given the opportunity to tell stories about the activities they do. With this center model learning activities, children's self-esteem can be increased. Keywords: Self-esteem, Model Center.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Feb 2022 04:56
Last Modified: 22 Feb 2022 04:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17710

Actions (login required)

View Item View Item