SARITA, HANDAYANI (2022) MENGEMBANGKAN KREATIVITAS MELALUI KEGIATAN MENCETAK DI TAMAN KANAK�KANAK NEGERI PEMBINA OGAN KOMERING ULU SELATAN. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Kreativitas merupakan kemampuan seseorang dalam menghasilkan suatu karya maupun gagasan yang baru. Karya anak usia dini jelas berbeda dari karya orang dewasa, dan hasil karya anak ialah dari sesuatu yang pernah dilihat atau didengar sebelumnya. Dalam penelitian ini terdapat suatu proses kegiatan untuk menstimulus kreativitas anak dengan kegiatan mencetak . Namun, media yang digunakan tidak bervariasi dan hanya itu-itu saja. Terlihat pula kebosanan pada anak saat kegiatan mencetak yang ditunjukkan dengan tidak memperhatikan guru, asal-asalan dalam melakukan kegiatan mencetak sehingga menghasilkan cetakan yang kurang optimal dari hasil karyanya. Berdasarkan permasalahan tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bentuk kegiatan mencetak dalam mengembangkan kreativitas anak.Kreativitas merupakan kemampuan seseorang dalam menghasilkan suatu karya maupun gagasan Metode yang penulis gunakan adalah kualitatif deskriptif dengan melibatkan guru dan 16 anak didik di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Ogan Komering Ulu Selatan. Alat pengumpul data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dihasilkan tersebut selanjutnya peneliti analisis menggunakan reduksi data, display data, menarik kesimpulan, serta uji keabsahan data. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan mencetak menggunakan bahan alam efektif untuk mengembangkan kreativitas anak. Hal ini diperkuat oleh pencapaian indikator kreativitas anak diantaranya kelancaran sebagaimana anak mampu dalam melakukan kegiatan mencetak dengan bahan alam kentang wotel dan umbi dengan bentuk daun dan bunga, keluwesan yaitu kemampuan menggunakan media yang bervariasi sebagiaman anak dapat mencetak dengan menggunakan media kuas serta pewarna yang akan digunakan untuk kegiatan mencetak , keaslian yaitu kemampuan melakukan hal yang berbeda dari anak lainnya diamana anak dapat melakukan kegiatan mencetak dengan bentuk yang berbeda dari temannya, keterperincian yaitu kemampuan memperinci gagasan dengan menceritakan bentuk bunga serta proses mencetak yang ia lakukan dan kepekaan yaitu kemampuan breaksi terhadap suatu keadaan anak yang dapat membantu temannya serta dapat menggunakan bahan alam untuk mencetak. Kata Kunci: Kreativitas, Kegiatan Mencetak iii ABSTRACT Creativity is a person's ability to produce a new work or idea. The work of early childhood is clearly different from the work of adults, and the work of children is from something that has been seen or heard before. In this research, there is an activity process to stimulate children's creativity with printing activities. However, the media used did not vary and that's all. It can also be seen that children's boredom during printing activities is shown by not paying attention to the teacher, carelessly in carrying out printing activities so as to produce prints that are less than optimal from their work. Based on these problems, the purpose of this study was to find out how the form of printing activities in developing children's creativity. The method that the writer uses is descriptive qualitative involving the teacher and 16 students at the State Kindergarten of Pembina Ogan Komering Ulu Selatan. Data collection tools in the form of observation, interviews, and documentation. The resulting data is then analyzed using data reduction, data display, drawing conclusions, and testing the validity of the data. The results of this study indicate that printing activities using natural materials are effective for developing children's creativity. This is reinforced by the achievement of indicators of children's creativity including fluency as children are able to carry out printing activities with natural ingredients, potatoes, carrots and tubers in the shape of leaves and flowers, flexibility, namely the ability to use various media as children can print using brush media and dyes to be used. for printing activities, authenticity is the ability to do things differently from other children where children can print activities in different forms from their friends, detail is the ability to detail ideas by telling the shape of flowers and the printing process that he does and sensitivity, namely the ability to break into a situation children who can help their friends and can use natural materials to print. Keywords: Creativity, Printing Activities
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 22 Feb 2022 04:48 |
Last Modified: | 22 Feb 2022 04:48 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17709 |
Actions (login required)
View Item |