TANGGUNG JAWAB SOSIAL ANAK TERTUA LAKI-LAKI PADA ADAT LAMPUNG PEPADUN (Studi Di Desa Tanjung Ratu Ilir Kecamatan Way Pengubuan Kabupaten Lampung Tengah)

Dinda, Oktara (2022) TANGGUNG JAWAB SOSIAL ANAK TERTUA LAKI-LAKI PADA ADAT LAMPUNG PEPADUN (Studi Di Desa Tanjung Ratu Ilir Kecamatan Way Pengubuan Kabupaten Lampung Tengah). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI DINDA OKTARA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK TANGGUNG JAWAB SOSIAL ANAK TERTUA LAKI-LAKI PADA ADAT LAMPUNG PEPADUN (Studi di Desa Tanjung Ratu Ilir Kecamatan Way Pengubuan Kabupaten Lampung Tengah) Oleh: Dinda Oktara Tanggung jawab sosial adalah kewajiban yang harus dilaksanakan baik tingkah laku maupun perbuatan di dalam lingkungan keluarga maupun adat istiadat.Anak tertua laki-laki dalam adat lampung pepadun mempunyai kedudukan yang lebih tinggi serta memegang peran penting di kehidupan keluarganya. Karena dalam sistem tatanan sosial masyarakat Adat Lampung Pepadun menganut sistem kekerabatan patrilineal yang mengikuti garis keturunan bapak. Anak tertua laki-laki dalam keadatan masyarakat lampung pepadun memiliki tanggung jawab penuh terhadap keluarga, adat dan masyarakat. Anak tertua laki-laki disini adalah anak laki�laki pertama meskipun dia anak terakhir. Maka anak laki-laki tertua (Anak Tuho) dalam adat lampung harus memiliki kemampuan yang lebih karena mengingat tanggung jawab dan tugas yang diembannya.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:1)Bagaimana tanggung jawab sosial anak tertua laki-laki dalam adat lampung pepadun.2)Bagaimana jika didalam keluarga atau adat lampung tidak memiliki keturunan anak laki-laki?Tujuan dari penelitian ini adalah 1)untuk mengetahui tanggung jawab sosial anak tertua laki-laki dalam masyarakat adat lampung pepadun.2)untuk mengetahui sistem adat istiadat dalam adat lampung pepadun jika tidak memiliki keturunan anak laki-laki.Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan peneliti adalah analisa kualitatif yaitu mengorganisasikandata,menyebarkan,memilih, menentukan sintesa kemudian mengambil kesimpulan yang bersifat induktif lalu dikembangkan dan dideskripsikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tanggung jawab sosial anak tertua laki-laki dalam adat lampung pepadun di Desa Tanjung Ratu Ilir Kecamatan Way Pengubuan Kabupaten Lampung Tengah memiliki tugas dan tanggung jawab dalam keluarga dan masyarakat yaitu sebagai ahli waris, sebagai pemimpin keluarga dan sebagai pengayom keluarga.Dalam artian dia bertanggung jawab terhadap adik dan kakak serta saudaranya yang lain tidak hanya perempuan tetapi juga adik laki-laki. Namun tanggung jawab sosial yang diharapkan tersebut sebagian sudah mengalami pergeseran, sudah mengalami perubahan Fungsi serta tidak menjalankan perannya sesuai dengan ketentuan adat sebagaiman mestinya.Kemudian jika didalam sebuah keluarga atau dalam adat lampung tidak memiliki keturunan anak laki-laki maka, kedudukan serta peran dalam keluarga maupun adat istiadat diserahkan kepada anak tertua perempuan dengan mengangkat suami nya (ngangken) sebagai punyimbang adat. Kata Kunci : Tanggung Jawab Sosial Anak Tertua Laki Laki,Adat Lampung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Sosiologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Feb 2022 04:40
Last Modified: 22 Feb 2022 04:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17708

Actions (login required)

View Item View Item