PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG

PAKSI, BERGAS SEGARA (2022) PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL PAKSI BERGAS SEGARA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Prestasi belajar adalah penguasaan pengetahuan atau keterampilan yang dikembangkan oleh mata pelajaran dan kemampuan yang dimiliki oleh siswa sebagai bukti dari keberhasilan usaha belajar sehingga dapat didemonstrasikan dan diuji. Berdasarkan hasil pra-penelitian menunjukkan bahwa banyak mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung yang kecanduan dalam bermain game online. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh game online terhadap prestasi belajar mahasiswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasi dengan metode kuantitatif. Analisis data dengan menggunakan uji correlation oleh Pearson. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung sebanyak 333 dan sampel sebanyak 30 yang merupakan mahasiswa semester VI jurusan Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Perhitungan data dianalisis menggunakan statistika inferensial dengan bantuan spss. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai sig 0.002 ini berarti pada taraf signifikan α = 0.05 H0 ditolak atau H1 diterima. Berdasarkan penjelasan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan atau pengaruh game online terhadap prestasi belajar mahasiswa. Game online dapat memberikan pengaruh positif maupun negatif, pelajar yang sering memainkan suatu game online akan menyebabkan anak menjadi ketagihan. Ketagihannya memainkan game online akan berdampak baginya, terutama dari segi akademik. Dampak dari permainan terkhusus dari game-online akan mengurangi aktivitas positif yang seharusnya dijalani oleh mahasiswa pada perkembangan prestasi mereka. Mahasiswa yang mengalami ketergantungan pada aktivitas game, akan mengurangi waktu belajar dan motivasi belajar. Kata Kunci: Game, Game Online Ragnarokk X Next Generation, dan Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Feb 2022 04:04
Last Modified: 22 Feb 2022 04:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17704

Actions (login required)

View Item View Item