ANALISIS PERBANDINGAN KANDUNGAN LOGAM BERAT TEMBAGA (Cu) DAN BESI (Fe) PADA AIR TANAH DAN AIR MINUM DALAM KEMASAN DI KECAMATAN SUKARAME BANDAR LAMPUNG

KOMALA, SARI (2022) ANALISIS PERBANDINGAN KANDUNGAN LOGAM BERAT TEMBAGA (Cu) DAN BESI (Fe) PADA AIR TANAH DAN AIR MINUM DALAM KEMASAN DI KECAMATAN SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI KOMALA SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS PERBANDINGAN KANDUNGAN LOGAM BERAT TEMBAGA (Cu) DAN BESI (Fe) PADA AIR TANAH DAN AIR MINUM DALAM KEMASAN DI KECAMATAN SUKARAME BANDAR LAMPUNG Oleh Komala Sari 1711060200 Air adalah salah satu kebutuhan pokok makhluk hidup, pencemaran lingkungan berdampak buruk juga pada penurunan kualitas air. Air minum yang baik harus memenuhi persyaratan baku mutu yang telah ditetapkan oleh PERMENKES RI no. 429/MENKES/PER/IV/2010 tentang persyaratan air minum yang meliputi biologi, kimiawi dan fisik. Air dapat tercemar logam berat seperti Fe dan Cu, walau dalam jumlah tertentu dibutuhkan oleh tubuh, namun jika berlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kadar logam berat Fe dan Cu yang terkandung dalam air tanah dan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) di Kecamatan Sukarame. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini ialah dengan metode random sampling. Populasi dari penelitian ini ialah air tanah dan AMDK yang ada di Sukarame, sampel terdiri dari 5 merk AMDK dan 13 sampel air tanah dari setiap lingkungan yang ada di Sukarame. Hasil dari penelitian ini ialah didapatkan dua sampel air tanah dengan kandungan Fe yang melebihi nilai ambang batas yang telah ditentukan. Untuk kandungan Cu masih memenuhi standar baku mutu yang ditentukan. Kata kunci : AMDK, Air Tanah, Logam Berat, Pencemaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Feb 2022 07:16
Last Modified: 21 Feb 2022 07:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17701

Actions (login required)

View Item View Item