PENGARUH METODE HYPNOTEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMAN 1 BANDAR LAMPUNG

NUR, ISTIYANA (2022) PENGARUH METODE HYPNOTEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMAN 1 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI NUR ISTIYANA 1711010111.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH METODE HYPNOTEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMAN 1 BANDAR LAMPUNG OLEH NUR ISTIYANA Metode Hypnoteaching merupakan suatu metode pembelajaran yang dalam menyampaikan materi, guru memakai bahasa-bahasa bawah sadar yang bisa menumbuhkan ketertarikan seni berkomunikasi tersendiri kepada peserta didik dengan langkah relaksasi, sugesti-sugesti positif, permainan dan berbagai teknik dalam metode hypnoteaching.Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya hasil belajar peserta didik di SMA N 1 Bandar Lampung yang nilainya dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) yang telah ditentukan oleh sekolah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan metode pembelajaran hypnoteaching dengan motode pembelajaran konvensisonal terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam Kelas X di SMA N 1 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dalam bentuk quasi experimental design dengan design yang digunakan dalam penelitian ini yaitu nonequivalent control group design. Pada dua kelompok tersebut sama-sama dilakukan pretest dan posttest. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh kelas X di SMA N 1 Bandar Lampung. Dalam penelitian ini berfokus pada pengaruh metode hypnoteaching terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam kelas X dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu soal tes yang sudah diuji validitas dan reliabilitas dengan bantuan SPSS 21. Adapun hasil penelitan menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol (84,17 > 67,83), selain itu juga dilihat dari perhitungan Uji-t menggunakan aplikasi SPSS Statistic V 21 For Windows diperoleh nilai Sig. < 0,05 (5%). Pada Sig. (2- tailed) diperoleh 0,000 maka terdapat pengaruh hasil belajar peserta didik. Maka hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima. Dari hasil yang diperoleh sehingga dapat disimpulkan bahwa Terdapat pengaruh metode hypnoteaching Terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas X SMA N 1 Bandar Lampung. Kata Kunci: Metode Hypnoteaching dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam iii ABSTRAC PENGARUH METODE HYPNOTEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMAN 1 BANDAR LAMPUNG OLEH NUR ISTIYANA Hypnoteaching method is a learning method in which in conveying material, teachers use subconscious languages that can foster interest in the art of communicating separately to students with relaxation steps, positive suggestions, games and various techniques in the hypnoteaching method.This research is motivated by the number of learning outcomes of students at SMA N 1 Bandar Lampung whose scores are below the KKM (Minimum Completeness Criteria) which have been determined by the school. The purpose of this study is to determine the difference between hypnoteaching learning methods and conventional learning methods on learning outcomes of Islamic Religious Education Class X at SMA N 1 Bandar Lampung. This type of research is quantitative in the form of a quasi�experimental design with the design used in this study, namely the nonequivalent control group design. In the two groups, both pretest and posttest were carried out. The population in this study is all class X in SMA N 1 Bandar Lampung. This study focuses on the effect of the hypnoteaching method on learning outcomes of Islamic Religious Education class X with the data collection techniques used, namely test questions that have been tested for validity and reliability with the help of SPSS 21. The research results show that the average value of the experimental class is greater than the control class (84.17 > 67.83), besides that, it is also seen from the calculation of the t-test using the SPSS Statistic V 21 For Windows application, the Sig value is obtained. < 0.05 (5%). At Sig. (2-tailed) obtained 0.000 then there is an influence on student learning outcomes. Then the hypothesis H0 is rejected and H1 is accepted. From the results obtained, it can be concluded that there is an effect of the hypnoteaching method on the learning outcomes of students in Islamic Religious Education subjects in Class X SMA N 1 Bandar Lampung. Keywords: Hypnoteaching Method and Learning Outcomes of Islamic Religious Education

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Feb 2022 06:46
Last Modified: 21 Feb 2022 06:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17698

Actions (login required)

View Item View Item