IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN DALAM MENINGKATKAN KARAKTER SANTRI PUTRA PONDOK PESANTREN MADARIJUL ULUM BATU PUTU TELUK BETUNG BARAT

SERLI, APRIYANI (2022) IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN DALAM MENINGKATKAN KARAKTER SANTRI PUTRA PONDOK PESANTREN MADARIJUL ULUM BATU PUTU TELUK BETUNG BARAT. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI SERLI APRIYANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Al-Qur’an merupakan pedoman hidup bagi umat Islam. Upaya sekolah untuk meminimalisir degradasi iman peserta didik akibat dampak negatif kemajuan IPTEK pada pendidikan perlu diadakannya program yang mampu meningkatkan karakter peserta didiknya. Pondok Pesantren Madarijul Ulum merupakan salah satu pondok pesantren yang memiliki program tahfidzul qur’an yang mana dengan menghafal ayat dan maknanya, karakter baik dapat diterapkan pada kehidupan sehari-hari. Karakter peserta didik dapat meningkat dengan baik apabila didasarkan pada kerelaan individu dalam melakukan pembiasaan yang baik dan melalui proses yang panjang dan berkelanjutan yang melibatkan peranan dari keluarga, lembaga pendidikan, dan lingkungan pergaulan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk :(1)bagaimana implementasi program tahfidz qur’an dalam meningkatkan meningkatkan karakter santri putra (2)faktor penghambat dan pendukung penerapan program tahfidz qur’an dalam meningkatkan karakter santri Penelitian ini bersifat deskriptif, jenis penelitian ini yaitu penelitian yang dilaksanakan dengan terjun langsung kelapangan Pondok Pesantren Madarijul Ulum. Sumber data primer yaitu pimpinan pondok, sekretaris, ustadzah dan santri. Sumber data sekunder yaitu dari brosur,website,buku,struktur. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi,setelah data sudah terkumpulkan maka dilakukan analisis data menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian ini ditujukan bahwa penerapan program tahfidz qur’an sudah berjalan dengan baik mulai dari kegiatan program tahfidz ,metode tahfidz,faktor keberhasilan program tahfidz,, penanggung jawab dalam bidang tahfidz ini adalah ustadzah Hj.Siti Humayah, Ummi Siti Khomsah dan Ustadzah Mahfudzoh. program tahfidz qur’an ini juga diharapkan mampu membentuk karakter santri yang sesuai dengan ajaran islam, selain program tahfidz ada juga pelajaran tambahan dalam peningkatan karakter yaitu pengkaderan, akhlak kulil banin, dan Ta’limul muta’alim untuk meningkatkan karakter santri putra. Kemudian faktor pendukung dan penghambat penerapan program tahfidz ini adalah faktor pendukung: pimpinan pondok, waktu pelaksanaan, pendidikan, lingkungan, dan keteladanan. Faktor penghambat yaitu ada kejenuhan dari santri. Kata kunci : Tahfidz Qur’an, Karakter, Pondok Madarijul Ulum iii ABSTRACT The Qur'an is a way of life for Muslims. School efforts to minimize the degradation of students' faith due to the negative impact of science and technology progress on education need to hold programs that are able to improve the character of their students. Madarijul Ulum Islamic Boarding School is one of the Islamic boarding schools that has a tahfidzul qur'an program where by memorizing verses and their meanings, good character can be applied to everyday life. The character of students can improve well if it is based on the individual's willingness to make good habits and through a long and sustainable process that involves the role of the family, educational institutions, and social environment. The purpose of this study is to: (1) how to implement the tahfidz qur'an program in improving the character of male students(2)inhibiting and supporting factors in the implementation of the tahfidz qur'an program in improving the character of students. This research is descriptive, this type of research is research carried out by direct involvement in the field of madarijul ulum Islamic boarding school. Primary data sources are the leader of the boarding school, secretary, ustadzah and students. Secondary data sources are from brochures, websites, books, structures. While the data collection technique used the method of observation, interviews, documentation, after the data had been collected, the data was analyzed using qualitative methods. The results of this study indicate that the implementation of the tahfidz qur'an program has been going well starting from the tahfidz program activities, the tahfidz method, the success factors of the tahfidz program, the person in charge in the field of tahfidz is Ustadz Hj. Siti Humayah, Ummi Siti Khomsah and Ustadzah Mahfudzoh. The Tahfidz Qur'an program is also expected to be able to shape the character of students in accordance with Islamic teachings, in addition to the Tahfidz program there are also additional lessons in character building, namely cadre, kulil banin morals, and Ta'limul muta'alim to improve the character of male students. Then the supporting and inhibiting factors for the implementation of this tahfidz program are the supporting factors: the leader of the cottage, implementation time, education, environment, and example. The inhibiting factor is the saturation of the students. Keywords: Tahfidz Qur'an, Character, Pondok Madarijul Ulum

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Feb 2022 05:19
Last Modified: 21 Feb 2022 05:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17696

Actions (login required)

View Item View Item