FENOMENA GHASAB SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN RIYADLATUL ‘ULUM KECAMATAN BATANGHARI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR ( Tinjauan Patologi Sosial)

Sari, Asmara (2022) FENOMENA GHASAB SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN RIYADLATUL ‘ULUM KECAMATAN BATANGHARI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR ( Tinjauan Patologi Sosial). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI SARI ASMARA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Ghasab merupakan suatu tindakan mengambil atau menggunakan sesuatu yang bukan haknya tanpa seizin pemiliknya. Ghasab tidak dapat disebut memijam, karena tidak ada akad peminjamannya. Ghasab juga tidak termasuk kategori mencuri karena tidak ada unsur untuk dimiliki. Ghasab merupakan penyakit masyarakat yang kerap terjadi di pondok pesantren Riyadlatul „Ulum, penyakit masyarakat atau Patologi sosial merupakan semua tingkah laku yang bertentangan dengan norma kebaikan, stablitas lokal, moral, solidaritas kekeluargaan, hidup rukun bertetangga, disiplin, kebaikan dan hukum formal. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana fenomena ghasab santriwati di pondok pesantren Riyadlatul „Ulum dan apa saja faktor yang mempengaruhi santriwati melakukan ghasab. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui fenomena ghasab santriwati di pondok pesantren Riyadlatul „Ulum Ditinjau dari patologi sosial dan untuk mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi santriwati melakukan ghasab, Penelitian ini berupaya untuk mendeskripsikan mengenai faktor-faktor apa saja yang menyebabkan santriwati melakukan ghasab. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dan desain penelitian studi kasus dengan mengeksplorasi secara mendalam aktifitas santriwati pondok pesantren Riyadlatul „Ulum. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan analisis data Miles & Huberman yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menujukan bahwa adanya ketidak sesuaian antara realita dengan faktanya. Jika dilihat dari luar, pondok pesantren identik dengan akhlakul karimah, namun pada kenyataannya didalam pondok pesantren banyak masalah yang dihadapi, seperti fenomena ghasab. Ghasab begitu membudaya dikalangan santriwati di pondok pesantren manapun, terlebih di Pondok pesantren Riyadlatul „Ulum. faktor�faktor santriwati melakukan ghasab diantaranya, (a)faktor individu (lemahnya kesadaran untuk tidak berbuat ghasab dan suka meremehkan sesuatu), (b)faktor lingkungan (pola interaksi yang terlalu dekat dan tidak ada sosok teladan), (c)faktor situatuional, dan (d)faktor kultural. Kata Kunci ; Ghasab, Pondok pesantren, Patologi Sosial

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Sosiologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Feb 2022 03:42
Last Modified: 21 Feb 2022 03:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17691

Actions (login required)

View Item View Item