EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ANALISIS TRANSAKSIONAL UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL PESERTA DIDIK KELAS XI AKUNTANSI I DI SMK PGRI 4 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Anita, Novi Alvi (2017) EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ANALISIS TRANSAKSIONAL UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL PESERTA DIDIK KELAS XI AKUNTANSI I DI SMK PGRI 4 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_2222222222222222222222222222222222222222222.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kecerdasan interpersonal adalah suatu kemampuan individu untuk kerjasama, berhubungan baik dengan orang lain, kemampuan berempati atau memahami perasaan dan kebutuhan orang lain selama berinteraksi. Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan penyebaran kuesioner kecerdasan interpersonal yang peneliti lakukan di sekolah didapatkan peserta didik yang memiliki kecerdasan interpersonal rendah. Dari permasalahan tersebut peneliti mencoba menerapkan layanan konseling kelompok dengan teknik analisis transaksional terhadap peserta didik yang memiliki kecerdasan interpersonal rendah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah layanan konseling kelompok dengan teknik analisis transaksional efektif dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal peserta didik kelas XI Akuntansi 1 di SMK PGRI 4 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan pre-eksperimental designs dengan desain penelitian one-group pretest-posttest design. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Akuntansi 1 SMK PGRI 4 Bandar Lampung yang masuk dalam kriteria kecerdasan interpersonal rendah. Kemudian didapatkan 12 sampel dengan menggunakan teknik pourpousive sampling untuk menangani peserta didik tersebut. Hasil rata-rata skor kecerdasan interpersonal sebelum mengikuti layanan konseling kelompok dengan teknik analisis transaksional adalah 62,67 dan setelah mengikuti layanan konseling kelompok dengan teknik analisis transaksional meningkat menjadi 99,25. Dari hasil uji-t dengan derajat kebebasan df = 11 dengan taraf signifikan α= 0,05 sebesar -29.925. karena thitung > dari ttabel (29.925 >1.796), maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti layanan konseling kelompok dengan teknik analisis transaksional efektif untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal peserta didik kelas XI Akuntansi 1 di SMK PGRI 4 Bandar Lampung. Saran yang diajukan peneliti yaitu kepada guru bimbingan konseling diharapkan agar dapat memprogramkan dan melatih peserta didik dengan pelaksanaan layanan bimbingan konseling untuk mengatasi permasalahan peserta didik, terutama pada peserta didik yang memiliki kecerdasan interpersonal rendah. Kata Kunci: Konseling Kelompok, Teknik Analisis Transaksional, Kecerdasan Interpersonal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 31 Oct 2017 02:44
Last Modified: 31 Oct 2017 02:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1768

Actions (login required)

View Item View Item