POLA KOMUNIKASI GURU TAMAN PENDIDIKAN AL�QUR’AN (TPA) NURUL IMAN DALAM MEMBINA KARAKTER ANAK DI DESA KARANG ENDAH KECAMATAN TERBANGGI BESAR KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

FAJAR, KURNIAWAN (2022) POLA KOMUNIKASI GURU TAMAN PENDIDIKAN AL�QUR’AN (TPA) NURUL IMAN DALAM MEMBINA KARAKTER ANAK DI DESA KARANG ENDAH KECAMATAN TERBANGGI BESAR KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1-2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Komunikasi merupakan bagian yang paling penting dalam kehidupan sehari hari. Dalam berkomunikasi memiliki beberapa bentuk antara lain, komunikasi intrapersonal, komunikasi antarpersonal, komunikasi kelompok dan komunikasi massa. Perlu disadari bahwa peran komunikasi sangat penting dalam kehidupan bersosiaisasi, bahkan dalam kegitan belajar mengajar. Pola komunikasi langsung dan tidak langsung yang digunakan guru agama dalam pembinaan karakter terhadap muridnya merupakan sebuah komunikasi yang sangat penting dalam menyampaikan pesannya kepada para murid tersebut. Banyak sekali fenomena-fenomena yang terjadi di Taman Pendidikan Al-Qur’an mengenai ank-anak dalam berfikir dan bersikap lain dengan yang diajarkan oleh gurunya. Bahwasanya tujuan guru dalam kegiatan belajar-mengajar adalah untuk dapat mencerdaskan dan meningkatkan kualitas murid mereka. Maka hal itu dipermasalahkan dalam proses berkomunikasi yang disampaikan oleh guru kepada muridnya. Sebagai seorang Da’I yang menyampaikan ajaran Islam, rumusan masalah yang digunakan adalah (1) Bagaimana pola komunikasi guru dalam pembinaan karakter anak Taman Pendidikan Al�Qur’an (TPA) Nurul Iman Desa Karang Endah Terbanggi Besar Lampung Tengah? (2) Keefektifan komunikasi yang dilakukan oleh guru agama dalam membina karakter anak di Taman Prndidikan Al-Qur’an (TPA) Nurul Iman Desa Karang Endah Terbanggi Besar Lampung Tengah? Adapun tujuan penelitian ini dilakukan antara lain, (1) Untuk mengetahui pola komunikasi apa yang digunakan guru TPA dalam membina karakter anak di TPA Nurul Iman Desa Krang Endah Terbanggi Besar Lampung Tengah. (2) Untuk mengetahui Keefektifan komunikasi yang dilakukan oleh guru agama dalam membina karakter anak di Taman Prndidikan Al-Qur’an (TPA) Nurul Iman Desa Karang Endah Terbanggi Besar Lampung Tengah. Penelitian merupakan penelitian lapangan (feiled research) bersifat kulitatif yaitu suatu penelitian yang dilakukan secara systemmatis dengan mengangkat yang ada dilapangan. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah metode interview, metode obsevasi, dan metode dokumentasi untuk analisis data penulis mengunakan analia kualitatif. Dari hasil penelitian yang dilakukan pola komunikasi yang digunakan oleh guru dalam membina karakter anak di TPA Nurul Iman adalah komunikasi dua arah indikasi ini dilihat dari guru menyampaikan kepada murid dan didengarkan dengan seksama pesan yang disampaikan oleh guru . Dalam hal tersebut timbulah feedback atau umpan balik dari murid. Dalam pelaksanaan penyampaiannya terdapat pola komunikasi yang efektif, ini dilihat dari seorang guru yang sudah menyiapakan rencana kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai oleh seorang guru (Da’i) untuk para muridnya. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pola komunikasi yang digunakan oleh guru (Da’i) dalam membina karakter, sudah tercipta dengan baik karna bisa dilihat dari tingkat kedisiplinan dan tanggung jawab mereka yang sudah menerapkan karakter yang baik di lingkungan sekitar. Dan juga di dukung dengan kegiatan-kegiatan yang mendukung dalam membina karakter. Kata kunci : Pola Komunikasi Guru Membina Karakter Anak ABSTRACT Communication is the most important part of everyday life. In communication there are several forms, among others, intrapersonal communication, interpersonal communication, group communication and mass communication. It should be realized that the role of communication is very important in social life, even in teaching and learning activities. The pattern of direct and indirect communication used by religious teachers in moral development for their students is a very important communication in conveying their message to their students. There are so many phenomena that occur in the Al-Qur'an Education Park regarding children's thinking and acting differently from those taught by their teachers. That the teacher's goal in teaching and learning activities is to be able to educate and improve the quality of their students. So it is problematic in the process of communicating that is conveyed by the teacher to his students. As a Da'I who conveys Islamic teachings, the formulation of the problem used is (1) How is the teacher's communication pattern in developing the character of children at the Nurul Iman Al-Qur'an Education Park (TPA) in Karang Endah Village, Terbanggi Besar, Central Lampung? (2) The effectiveness of the communication carried out by religious teachers in fostering the character of children in the Nurul Iman Al-Qur'an Education Park (TPA) in Karang Endah Village, Terbanggi Besar, Central Lampung? The purposes of this research were, among others, (1) To find out what communication patterns were used by TPA teachers in fostering the character of children at TPA Nurul Iman, Karang Endah Terbanggi Besar Village, Central Lampung. (2) To determine the effectiveness of the communication carried out by religious teachers in fostering the character of children in the Nurul Iman Al-Qur'an Education Park (TPA) in Karang Endah Terbanggi Village, Central Lampung. This research is a field research which isnature, namely a research that is carried out systematically by lifting what is in the field. The data collection method that the writer uses is the interview method, the observation method, and the documentation method for analyzing the data using qualitative analysis. From the results of research conducted, the communication pattern used by teachers in fostering the character of children at TPA Nurul Iman is small group communication, this indication is seen from the teacher conveying to students and listening carefully to the message conveyed by the teacher. In this case there is feedback or feedback from students. In the implementation of delivery there is an effective communication pattern, this can be seen from a teacher who has prepared a learning activity plan that is in accordance with the objectives to be achieved by a teacher (Da'i) for his students. From the results of the study, it can be concluded that the communication pattern used by the teacher (Da'i) in building character has been created well because it can be seen from the level of discipline and responsibility of those who have applied good morals in the surrounding environment. And also supported by activities that support character building. Keywords: Teacher Communication Patterns Fostering Children's Character

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Feb 2022 03:40
Last Modified: 18 Feb 2022 03:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17679

Actions (login required)

View Item View Item