ANALISIS DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN EKONOMI MASYARAKAT DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pelaku Usaha Umkm Di Kawasan Pasar Untung, Labuhan Dalam, Bandar Lampung)

maheswara, Maulidani Riski (2022) ANALISIS DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN EKONOMI MASYARAKAT DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pelaku Usaha Umkm Di Kawasan Pasar Untung, Labuhan Dalam, Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 5, DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI MAHESWARA MAULIDANI RISKI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Analisis adalah proses untuk mengetahui dan memahami fenomena suatu obyek dengan memanfaatkan berbagai informasi yang tersedia, Dampak secara sederhana bisa diartikan sebagai pengaruh atau akibat. Menurut WHO, pandemi adalah skala penyebaran penyakit yang terjadi secara global di seluruh dunia, namun ini tidak memiliki sangkut paut dengan perubahan pada karakteristik penyakitnya. Pandemi juga memiliki level yang lebih tinggi dibanding epidemi atau dapat dikatakan, keadaan ketika suatu penyakit menyebar dengan cepat di antara banyak orang dan dalam jumlah lebih banyak dibanding yang normal terjadi, Covid 19 atau Corona Virus Diseases-19 adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS-CoV-2). Menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, laju pertumbuhan ekonomi Indonesia dapat dipengaruhi oleh pertumbuhan ekonomi China. Jika ekonomi China mengalami pelambatan sebesar 1-2%, maka akan berdampak pada menurunnya ekonomi Indonesia sebesar 0,1- 0,3% terhadap ekonomi Indonesia (katadata.co.id, 7 Februari 2020). Dalam ekonomi Islam terdapat parameter Al-falah dalam mengukur tingkat pendapatan ekonomi mayarakat. Falah adalah kesejahteraan yang hakiki, kesejahteraan yang sebenar-benarnya, dimana komponen-komponen ruhaniah masuk kedalam pengertian falah. Tujuan yang ingin dicapai oleh penulis dalam penelitian ini adalah: Untuk mengetahui dampak dari pandemi Covid-19 terhadap pendapatan ekonomi masyarakat. Dan mengetahui pandangan ekonomi Islam mengenai dampak pndemi Covid-19 terhadap pendapatan ekonomi masyarakat. Manfaat penelitian yang diharapkan oleh penulis dalam penelitian ini, yaitu: sebagai bahan masukan bagi masyarakat untuk mengetahui kondisi ekonomi masyarakat terutama pedagang pasar tradisonal Untung Suropati.Penelitian ini bersifat deskriptif. Penelitian deskriptif adalah penelitian yang berusaha untuk menuturkan pemecahan masalah yang ada sekarang berdasarkan data datan jadi ia juga menyajikan data, menganalisis dan menginterpretasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif / Naturalistik adalah penelitian yang dilakukan dengan kondisi objek yang alami. populasi yang ada, masyarakat dan pedagang yang ada di sekitar pasar Untung Suropati terutama yang tinggal di Kelurahan Labuhan Dalam dan Labuhan Ratu yaitu berjumlah kurang lebih 50 orang. Maka iii penulis melakukan mengambil beberapa populasi sebagai sampelnya yaitu penulis mengambil 5 orang pedagang yamg ada di Pasar Untung Suropati sebagai sample. keberadaan pasar tradisional merupakan sektor pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat tinggkat bawah maupun tingkat menengah. Pasar tradisional juga berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi peningkatan suatu nilai ekonomi di Indonesia khususnya daerah daerah kecil, pada saat belum terjadinya pandemic pasar di Daerah Untung Suropati bisa dikatakan pasar yang cukup ramai pengunjung untuk berbelanja bulanan atau mingguan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Feb 2022 03:15
Last Modified: 18 Feb 2022 03:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17676

Actions (login required)

View Item View Item