PENGARUH GAYA HIDUP DAN TINGKAT PENGHASILAN TERHADAP PRILAKU KONSUMTIF MASYARAKAT PERKOTAAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pelanggan Barbershop Afrizal di Bandar Lampung)

INGGAR, PRYADANA (2022) PENGARUH GAYA HIDUP DAN TINGKAT PENGHASILAN TERHADAP PRILAKU KONSUMTIF MASYARAKAT PERKOTAAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pelanggan Barbershop Afrizal di Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 5, DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI INGGAR PRYADANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH GAYA HIDUP DAN TINGKAT PENGHASILAN TERHADAP PRILAKU KONSUMTIF MASYARAKAT PERKOTAAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pelanggan Barbershop Afrizal di Bandar Lampung) Masyarakat Kota Bandar Lampung tidak sedikit yang meminati model rambut (sytle) karena adanya suatu keinginan yang timbul dalam diri untuk memenuhi gaya hidup agar berpenampilan menarik di lihat orang lain. Tentunya hal ini mengakibatkan masyarakat cendrung kepada prilaku konsumtif. Afrizal Barbershop adalah usaha cukur rambut yang memiliki teknik gunting rambut dengan model yang modern dan sesuai dengan keinginan dan bentuk wajah pelanggannya. Afrizal Barbershop ini berdiri sejak tahun 2011 yang beralamat di Kecamatan Enggal Kota Bandar Lampung hadir di tengah ramainya persaingan bisnis barbershop. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui secara parsial dan simultan bagaimana Gaya Hidup (X1) dan Tingkat Penghasilan (X2) Terhadap Prilaku Konsumtif (Y) pelanggan pada Afrizal Barbershop di Bandar Lampung. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan metode pengambilan sampel non probability sampling dan menggunakan rumus Slovin diperoleh jumlah sampel sebanyak 100 orang responden. Metode analis data adalah analisis regresi berganda dan pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji F. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis pertama dengan menggunakan uji t diperoleh nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (4,731 > 1,984) menyatakan terdapat pengaruh signifikan dan positif Gaya Hidup (X1) terhadap Prilaku Konsumtif (Y) pelanggan pada Afrizal Barbershop di Bandar Lampung. Hasil pengujian hipotesis ke dua dengan menggunakan uji t diperoleh nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (5,248 > 1,984) menyatakan terdapat pengaruh signifikan dan positif Tingkat Penghasilan (X2) terhadap Prilaku Konsumtif (Y) pelanggan pada Afrizal Barbershop di Bandar Lampung. Sedangkan hasil pengujian hipotesis ke tiga dengan menggunakan uji F diperoleh nilai Fhitung lebih besar dari nilai Ftabel (51,826 > 3,09) menyatakan terdapat pengaruh signifikan dan positif secara bersama-sama Gaya iii Hidup (X1) dan Tingkat Penghasilan (X2) terhadap Prilaku Konsumtif (Y) pelanggan pada Afrizal Barbershop di Bandar Lampung. Hasil nilai koefisien determinan R2 (R square) sebesar 0,517, menyatakan besarnya pengaruh variabel Gaya Hidup (X1) dan Tingkat Penghasilan (X2), terhadap Prilaku Konsumtif (Y) pelanggan pada Afrizal Barbershop di Bandar Lampung, sebesar 51,7%. Kata Kunci: Gaya Hidup, Tingkat Penghasilan dan Prilaku Konsumtif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Feb 2022 04:32
Last Modified: 17 Feb 2022 04:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17666

Actions (login required)

View Item View Item