IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI MA RAUDLATUL MUTTA’ALLIMIN KASUI WAY KANAN

NOVI, SAFIRA (2022) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI MA RAUDLATUL MUTTA’ALLIMIN KASUI WAY KANAN. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of skripsi NOVI SAFIRA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kurikulum 2013 merupakan pengembangan atas kurikulum sebelumnya yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Penerapan kurikulum 2013 di sekolah diharapkan lebih dapat memaksimalkan kemampuan dan mencoba menekan kelemahan bagi diri sendiri maupun lembaganya, sehingga dapat mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya yang tersedia. Dalam melaksanakan program kurikulum 2013 yang lebih memfokuskan pada semua mata pelajaran yang harus didukung oleh semua kompetensi baik dalam sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Implementasi kurikulum 2013 sangat menonjolkan pendekatan saintifik dengan pembelajaran yang hanya terpusat pada siswa. Pendekatan Saintifik adalah proses pembelajaran yang di rancang sedemikian rupa agar peserta didik secara aktif mengonstruk konsep, hukum dan prinsip melalui tahapan mengamati (untuk mengidentifikasi atau menemukan masalah, merumuskan masalah, mengajukan hipotesis, mengumpulkan data dengan berbagai teknik , menganalisis data, menarik kesimpulan, dan mengkomunikasikan konsep, hukum maupun prinsip yang ditemukan). Pendekatan ini juga dimaksudkan memberikan pemahaman kepada peserta didik dalam mengenal dan memahami berbagai materi menggunakan pendekatan ilmiah, bahwa informasi dapat diperoleh dari mana saja tidak harus bergantung pada informasi dari guru. Pada tahun 2013, Pemerintah telah menetapkan beberapa sekolah untuk menggunakan kurikulum 2013 dan mengimplementasikan dalam proses pembelajaran sesuai dengan standar proses yang berlaku, menjadikan konsep kurikulum dimaksudkan untuk dapat mengarahkan pendidikan menuju arah dan tujuan kegiatan pembelajaran secara keseluruhan. Kata kunci: implementasi, kurikulum 2013, SMA iii ABSTRACT The 2013 curriculum is a development of the previous curriculum, namely the Education Unit Level Curriculum (KTSP). The implementation of the 2013 curriculum in schools is expected to be able to maximize abilities and try to suppress weaknesses for themselves and their institutions, so as to optimize the utilization of available resources. In implementing the 2013 curriculum program, which focuses more on all subjects that must be supported by all competencies, both in attitudes, skills, and knowledge. The implementation of the 2013 curriculum really emphasizes a scientific approach with student-centred learning. Scientific approach is a learning process designed in such a way that students actively construct concepts, laws and principles through observing stages (to identify or find problems, formulate problems, propose hypotheses, collect data with various techniques, analyze data, draw conclusions, and communicate concepts, laws and principles found). This approach is also intended to provide understanding to students in recognizing and understanding various materials using a scientific approach, that information can be obtained from anywhere and does not have to depend on information from the teacher. In 2013, the Government has determined several schools to use the 2013 curriculum and implement it in the learning process in accordance with the applicable process standards, making the curriculum concept intended to be able to direct education towards the direction and objectives of learning activities as a whole. Keywords: implementation, 2013 curriculum, SMA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Feb 2022 04:03
Last Modified: 17 Feb 2022 04:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17665

Actions (login required)

View Item View Item