BIMBINGAN AGAMA DALAM MEMBANGUN KONSEP DIRI POSITIF ANGGOTA MAJELIS TA’LIM NURUL IMAN PADA MASA PANDEMI DI PEKON KOTABATU KECAMATAN KOTAAGUNG KABUPATEN TANGGAMUS

IKA, MARYANI (2022) BIMBINGAN AGAMA DALAM MEMBANGUN KONSEP DIRI POSITIF ANGGOTA MAJELIS TA’LIM NURUL IMAN PADA MASA PANDEMI DI PEKON KOTABATU KECAMATAN KOTAAGUNG KABUPATEN TANGGAMUS. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI_IKA MARYANI_1741040056.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Konsep diri positif yaitu sangat dibutuhkan oleh setiap manusia dalam menghadapi berbagai aspek kehidupan. Terutama konsep diri yang positif, seperti yang terjadi pada saat ini pandemi covid-19 dampak yang dirasakan pun dialami oleh berbagai kalangan anggota majelis taklim. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana Metode Bimbingan Agama dalam membangun konsep diri positif anggota Majelis Taklim Nurul Iman pada masa pandemi di Pekon Kotabatu Kecamatan Kotaagung Kabupaten Tanggamus? Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui Metode Bimbingan Agama dalam membangun konsep diri positif anggota Majelis Taklim Nurul Iman pada masa pandemi di pekon kotabatu. Dalam penelitian ini metode yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif, teknik dalam penentuan sampel menggunakan purposive sampling jadi sampel nya 9 anggota jamaah dengan kriteria terdiri dari 1 ustadzah dan 1 orang ketua majelis taklim, jadi sampel dalam penelitian ini 11 orang. Jenis penelitian ini bersifat Field Research dan bersifat deskriptif. Kemudian tehnik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Hiles dan Hiberman yaitu Data Reduksi, Data Display dan Conclusion Drawing/Verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan agama dalam membangun konsep diri positif yaitu membimbing dan memberikan motivasi kepada anggota Majelis Taklim dengan tahapan metode bimbingan agama yang digunakan seperti: uswatun hasanah, nasehat, metode individual dan metode kelompok dengan berprasangka baik dan berpikir positif bahwa kejadian pandemi covid-19 ini tidak lepas terjadi diberikan oleh Allah SWT agar manusia sadar dan kembali kepada-Nya. Kesimpulan dengan adanya kejadian pandemi covid-19 bimbingan agama dalam membangun konsep diri positif, anggota jamaah majelis taklim dalam proses bimbingan agama sudah menunjukkan banyak perubahan jamaah menjadi pribadi yang lebih baik dan memahami tentang syariat Islam serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Feb 2022 03:50
Last Modified: 17 Feb 2022 03:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17662

Actions (login required)

View Item View Item