PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING ORGANIZING REFLECTING EXTENDING (CORE) MODIFIKASI GAMES MANIPULATIVES ACTIVITIES (GEMA) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMPETENSI STRATEGIS SISWA KELAS VIII SMP PGRI 1 PALAS TAHUN AJARAN 2016/2017

Sholehawati, Linda (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING ORGANIZING REFLECTING EXTENDING (CORE) MODIFIKASI GAMES MANIPULATIVES ACTIVITIES (GEMA) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMPETENSI STRATEGIS SISWA KELAS VIII SMP PGRI 1 PALAS TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB_I__1111111111.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan kompetensi strategis matematis siswa. Hal tersebut dapat diketahui pada saat diberikan soal berupa uraian siswa langsung menjawab pertanyaan tanpa menguraikan langkah-langkah dalam mengerjakan soal. Selain itu di sekolah tersebut juga belum maksimal dalam menggunakan model dan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model Connecting, Organizing, Reflecting and Extending (CORE) modifikasi Games, Manipulatives, Activities (GeMA) terhadap peningkatan kemampuan kompetensi strategis matematis . Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasy experimental design (desain eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP PGRI 1 Palas tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik acak kelas. Teknik pengumpulan data berupa soal tes kemampuan kompetensi strategis berupa soal uraian, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis varian satu jalan dengan sel tak sama. 4 Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi satu jalan dengan sel tak sama, dengan taraf signifikan 0,05 dari hasil data diperoleh Fobs = 4,791 dan Ftabel = 3,104. Nilai Fobs > Ftabel maka H0 ditolak. Hal ini berarti terdapat pengaruh model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting and Extending (CORE) modifikasi Games, Manipulatives, Activities (GeMA) terhadap peningkatan kemampuan kompetensi strategis matematis siswa. Berdasarkan hasil komparasi ganda dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting and Extending (CORE) modifikasi Games, Manipulatives, Activities (GeMA) lebih baik dibandingkan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting and Extending (CORE) dan model pembelajaran konvensional

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 31 Oct 2017 02:24
Last Modified: 31 Oct 2017 02:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1766

Actions (login required)

View Item View Item