ANALISIS PENGGUNAAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN BERBASIS KOMPUTERISASI TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBAYARAN GAJI KARYAWAN PADA PERUSAHAAN ENTITAS SYARIAH (Studi Kasus Pada BPRS Kota Bandar Lampung)

DEWI, OKTAVIANI (2022) ANALISIS PENGGUNAAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN BERBASIS KOMPUTERISASI TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBAYARAN GAJI KARYAWAN PADA PERUSAHAAN ENTITAS SYARIAH (Studi Kasus Pada BPRS Kota Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL DEWI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Sistem pengendalian internal (internal control) adalah sistem dan prosedur-prosedur serta proses-proses yang digunakan perusahaan untuk melindungi aset perusahaan, mengolah informasi secara akurat, serta memastikan kepatuhan pada hukum dan peraturan yang berlaku. Sumber daya manusia sebagai mencapai tujuan perusahaan merupakan salah satu faktor penentu dalam kinerja suatu perusahaan. Oleh karena itu, sumber daya manusia yang baik juga berhak memperoleh imbalan kerja, dalam hal ini gaji sesuai dengan kualitasnya. Untuk itu diperlukan teknologi komputerisasi untuk meminimalisir terjadinya manipulasi gaji karyawan oleh pihak-pihak tertentu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan sistem pengendalian intern berbasis komputerisasi terhadap pembayaran gaji pada Perusahaan Entitas Syariah? Dan Bagaimana sistem pengendalian intern berbasis komputerisasi terhadap pembayaran gaji pada Perusahaan Entitas Syariah menurut Perspektif Islam?. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui bagaimana penerapan sistem pengendalian intern berbasis komputerisasi terhadap pembayaran gaji pada Perusahaan Entitas Syariah, serta bagaimana sistem pengendalian intern berbasis komputerisasi terhadap pembayaran gaji pada Perusahaan Entitas Syariah menurut Perspektif Islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang dilakukan di BPRS Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan data pimer dengan metode wawancara dan dokumentasi serta data sekunder dengan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian ini maka Penerapan sistem dan prosedur pembayaran gaji yang dilaksanakan BPRS Kota Bandar Lampung, menggunakan sistem dan prosedur pembayaran gaji yang berbasis komputer. Sistem dan program yang digunakan adalah power builder dari sofware Islamic Banking Application (IBA) menggunakan sistem terkomputerisasi yang sudah memadai, serta pembayaran gaji karyawan sudah sesuai dengan ajaran Rasulullah yang diterapkan dan sesuai dengan nilai-nilai islam. Kata kunci: Sistem pengendalian intern, Komputerisasi, Efektivitas Pembayaran Gaji Karyawan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Feb 2022 03:43
Last Modified: 17 Feb 2022 03:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17658

Actions (login required)

View Item View Item