MANAJEMEN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH DI BANK SYARIAH KOTABUMI LAMPUNG UTARA

EMILIA, RISKI PUTRI (2022) MANAJEMEN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH DI BANK SYARIAH KOTABUMI LAMPUNG UTARA. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI EMILIA RISKI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Stategi pemasaran pada dasarnya adalah rencana yang menyeluruh, terpadu dan menyatu dibidang pemasaran, yang memberikan panduan tentang kegiatan yang dijalankan untuk dapat tercapainya tujuan pemasaran suatu perusahaan. Minat masyarakat Kotabumi untuk melakukan transaksi di BPRS, berdasarkan hasil data yang diperoleh jumlah nasabah pada tahun 2020-2021 mengalami kenaikan yang tidak konsisten, hal ini yang menjadi suatu masalah pada BPRS Kotabumi. Salah satu produk yang diminati di BPRS Kotabumi adalah produk pembiayaan murabahah. Murabahah adalah prinsip jual beli dimana harga jualnya terdiri dari harga pokok yang ditambah nilai keuntungan (ribhun) yang disepakati. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: bagaimana manajemen pemasaran yang di terapkan BPRS Kotabumi dalam meningkatkan jumlah nasabah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis manajemen pemasaran yang diterapkan oleh BPRS Kotabumi dalam meningkatkan jumlah nasabah. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif dengan menggunakan sumber data primer dan data sekunder. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan metode analisis data. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di BPRS Kotabumi menerapkan strategi pemasaran dalam rangka meningkatkan minat masyarakat adalah: (1) Meningkatkan kegiataan promosi dan sosialisasi kepada masyarakat yaitu baik dilakukan dengan cara door to door. dan mengadakan program bantuan pembuatan sumur bor, Qu‟rban Idul Adha serta silaturahmi disebuah acara besar seperti Lampung Faire. (2) Meningkatkan kegiatan promosi kepada masyarakat dengan cara penyebaran brosur, melakukan promosi lewat media elektronik seperti (Radio), media sosial seperti Facebook. (3) Meningkatkan sumber daya insani dalam proses pelayanan kepada nasabah (sasaran untuk semua produk). Dan dalam kegiatan pemasaran BPRS Kotabumi juga mengembangkan strategi pemasaran 7P. Product (Produk), price (harga), Promotion (promosi), people (orang), physical evidence (bukti fisik) dan process (proses). Kata Kunci : Manajemen (Strategi) Pemasaran iii ABSTRACT Marketing strategy is basically a comprehensive, integrated and unified plan in the field of marketing, which provides guidance on the activities carried out to achieve the marketing objectives of a company. The interest of the Kotabumi community to make transactions at the BPRS, based on the results of the data obtained, the number of customers in 2020-2021 experienced an inconsistent increase, this became a problem for the Kotabumi BPRS. One of the products of interest at BPRS Kotabumi is murabahah financing products. Murabaha is the principle of buying and selling where the selling price consists of the cost of goods plus the agreed profit value (ribhun). The problem formulation of this research is: how is the marketing management applied by BPRS Kotabumi in increasing the number of customers. The purpose of this study was to identify and analyze the marketing management implemented by BPRS Kotabumi in increasing the number of customers. This study uses a descriptive field research using primary data sources and secondary data. Data analysis in this study is descriptive qualitative analysis. The data collection techniques in this study used interviews, documentation, and data analysis methods; Based on the results of research conducted at BPRS Kotabumi, implementing marketing strategies in order to increase public interest are: (1) Increasing promotional and outreach activities to the community, namely by doing door to door and holding assistance programs for drilling wells, Qurban Eid al-Adha and gathering in a place. big events like Lampung Faire. (2) Increasing promotional activities to the public by distributing brochures, conducting promotions through electronic media such as (Radio), social media such as Facebook (3) Increasing human resources in the process of service to customers (targets for all products) And in BPRS marketing activities Kotabumi also developed a marketing strategy of 7P Product (Product), price (price), Promotion (promotion), people (people), physical evidence (physical evidence) and process (process). Keywords : Management (Strategy) Marketing

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Feb 2022 07:21
Last Modified: 16 Feb 2022 07:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17648

Actions (login required)

View Item View Item