UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI SMK MIFTAHUL ULUM BANDAR LAMPUNG

MUHAMMAD, AINUL HAYAT (2022) UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI SMK MIFTAHUL ULUM BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI MUHAMMAD AINUL HAYAT.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI SMK MIFTAHUL ULUM BANDAR LAMPUNG Oleh Muhammad Ainul Hayat Kecerdasan emosional adalah emosi merujuk pada suatu perasaan dan pikiran yang khas, suatu keadaan biologis dan psikologis dan serangkaian kecenderungan untuk bertindak. Emosi pada dasarnya adalah dorongan untuk bertindak. Biasanya emosi merupakan reaksi terhadap rangsangan dari luar dan dalam diri individu. Sebagai contoh emosi gembira mendorong perubahan suasana hati seseorang, sehingga secara fisiologi terlihat tertawa, emosi sedih mendorong seseorang berperilaku menangis. Emosi berkaitan dengan perubahan fisiologis dan berbagai pikiran. Jadi, emosi merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia, karena emosi dapat merupakan motivator perilaku dalam arti meningkatkan, tapi juga dapat mengganggu perilaku intensional manusia. Hasil belajar merupakan perubahan perilaku yang diperoleh pembelajar setelah mengalami aktivitas belajar. Selain itu, hasil belajar dapat dikatakan sebagai perubahan perilaku yang relatif menetap dalam diri seseorang sebagai akibat dari interaksi seseorang dengan lingkungannya. Berdasarkan pengertian hasil belajar tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa aspek – aspek perubahan perilaku tersebut tergantung pada apa yang dipelajari dari proses pembelajaran. Metodelogi berhubungan dengan cara metode. Atau pengetahuan tentang cara cara scieence of methods. Dalam penelitian ini penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan bersifat deskriptif. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Feb 2022 04:31
Last Modified: 16 Feb 2022 04:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17640

Actions (login required)

View Item View Item