PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN HERMENEUTIKA DENGAN BAHAN AJAR GAMIFIKASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK

JUWITA, SARI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN HERMENEUTIKA DENGAN BAHAN AJAR GAMIFIKASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI JUWITA SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan pemahaman konsep matematis dalam pembelajaran matematika merupakan suatu kemampuan yang perlu dikuasai oleh setiap peserta didik guna menunjang peserta didik dalam proses belajar dan menyelesaikan berbagai permasalahan matematika. Berdasarkan pra penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 4 Pakuan Ratu masih tergolong rendah, hal ini terlihat dari hasil ujian tengah semester genap tahun ajaran 2019/2020 dimana peserta didik yang memperoleh nilai diatas KKM (nilai ) sebanyak 30 dari 92 peserta didik. Salah satu solusi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik yaitu penerapan model pembelajaran Hermeneutika dengan bahan ajar Gamifikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Hermeneutika dengan bahan ajar Gamifikasi terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Eksperimental Design dengan rancangan penelitian faktorial . Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A, VIII B dan VIII C di SMP Negeri 4 Pakuan Ratu. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling (teknik acak kelas). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji Normalitas dan uji Homogenitas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji Anava Satu Jalan (One Way Analysis of Variance). Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan uji Anava Satu Jalan, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Hermeneutika dengan bahan ajar Gamifikasi terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik mendapatkan hasil yang paling baik pada kelas yang diterapkan model pembelajaran Hermeneutika dengan bahan ajar Gamifikasi dan model pembelajaran Hermeneutika dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Model Pembelajaran Hermeneutika, Bahan Ajar Gamifikasi, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis iii ABSTRACT The ability to understand mathematical concepts in learning mathematics is an ability that needs to be mastered by every student in order to support students in the learning process and solve various mathematical problems. Based on the pre-study, it shows that the ability to understand mathematical concepts of class VIII students at SMP Negeri 4 Pakuan Ratu is still relatively low, this can be seen from the results of the even mid-semester exams for the 2019/2020 academic year where students who score above the KKM (value 75) as many as 30 of 92 students. One solution to improve students' mathematical critical thinking skills is the application of the Hermeneutics learning model with Gamification teaching materials. The purpose of this study was to determine the effect of applying the Hermeneutics learning model with Gamification teaching materials on the ability to understand mathematical concepts of students. This research is a Quasy Experimental Design research with a 3×1 factorial research design. The sample in this study were students of class VIII A, VIII B and VIII C at SMP Negeri 4 Pakuan Ratu. The sampling technique used is Cluster Random Sampling (class random technique). Data collection techniques in this study were in the form of documentation and tests. The data analysis technique used is normality test and homogeneity test. Hypothesis testing in this study used the One Way Analysis of Variance test. Based on the results of the research and the calculation of the One Way Anava test, it was concluded that there was an effect of the Hermeneutics learning model with Gamification teaching materials on the ability of students to understand mathematical concepts. The ability to understand mathematical concepts of students gets the best results in classes that apply the Hermeneutics learning model with Gamification teaching materials and Hermeneutics learning models compared to conventional learning models. Keywords: Hermeneutics Learning Model, Gamification Teaching Materials, Mathematical Concept Understanding Ability

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Feb 2022 03:49
Last Modified: 16 Feb 2022 03:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17630

Actions (login required)

View Item View Item