PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA TRI SUKSES NATAR LAMPUNG SELATAN

SULTON, ANDIKA HAQI (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA TRI SUKSES NATAR LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,5 dapus.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of skripsi full sulton.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Sulton Andika Haqqi. 2021. Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMA Tri Sukses Natar Lampung Selatan. Skripsi. Pendidikan Bahasa Inggris, Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Peneliatian ini mengkaji tentang pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa pada mata PAI di SMA Tri Sukses Natar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh pembelajaran melalui daring terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Tri Sukses Natar. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif kausal yaitu dengan menggunakan pendekatan asosiatif yang menjelaskan hubungan sebab-akibat antara satu Pembelajaran daring dengan Motivasi Belajar Siswa. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI . Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 67 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, angket dan interview. metode pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) dengan alat penilaian skala likert. Kemudian analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dengan sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji linearitas. Tarap signifikansi yang ditetapkan adalah 0,05 (5%) dan perhitungan analisis data menggunakan SPSS 25 for windows. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Tri Sukses Natar. Hal ini dapat dilihat persamaan regresi linier sederha Y=a+bX= Y= 6,262 + 0,664X. Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa di SMA tri sukses Natar. Hal ini dapat dilihat dari uji koefisien linier yang menunjukan besarnya nilai korelasi/hubungan (R) Yaitu sebesar 0,558 dari output tersebut diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,312 yang iv mengandung pengertian bahwa pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi belajar Siswa adalah sebesar 31,2% dan sisanya 68,8% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini Key words : Pengaruh Pembelajaran, Motivasi Belajar Siswa, Daring.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Feb 2022 04:45
Last Modified: 15 Feb 2022 04:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17623

Actions (login required)

View Item View Item