PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MASTER (MOTIVATING, ACQUIRING, SEARCHING, TRIGGERING, EXHIBITING, AND REFLECTING) TERHADAP REPRESENTASI MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK

SUHARNI, Sarbini (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MASTER (MOTIVATING, ACQUIRING, SEARCHING, TRIGGERING, EXHIBITING, AND REFLECTING) TERHADAP REPRESENTASI MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI Suharni.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Representasi matematis merupakan kemampuan yang memungkinkan siswa untuk menafsirkan dan memecahkan masalah dalam penting dalam pembelajaran matematika dengan mudah. Pada kenyataanya, membangun motivasi belajar dalam diri siswa akan menjadi hal yang sulit bagi beberapa siswa, terutama bagi mereka yang kurang memiliki keterampilan dalam memotivasi diri. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak model pembelajaran MASTER (Motivating, Acquiring, Searching, Triggering, Exhibiting, and Reflecting) terhadap kemampuan representasi matematis ditinjau dari motivasi belajar peserta didik. Dalam penelitian ini, desain Quasy Eksperimental terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diterapkan. Proses pembelajaran dengan model pembelajaran MASTER dilaksanakan pada kelompok eksperimen, kemudian pada kelompok kontrol dilakukan tanpa model MASTER. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelompok VIII yang mempelajari sistem persamaan linear dua variabel di SMP Swasta. Penelitian ini terdiri dari dua kelompok yaitu: 1) kelompok eksperimen yang menerapkan model pembelajaran MASTER, dan 2) kelompok kontrol yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Selain itu, tes kemampuan representasi matematis dan angket motivasi belajar digunakan sebagai instrumen penelitian eksperimen semu ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dampak model pembelajaran MASTER (Motivating, Acquiring, Searching, Triggering, Exhibiting, and Reflecting) terhadap kemampuan representasi matematis peserta didik. Terdapat dampak motivasi belajar terhadap kemampuan representasi matematis peserta didik. Tidak terdapat interaksi antara perlakuan model pembelajaran MASTER kategori motivasi belajar terhadap kemampuan representasi matematis. Kata Kunci : Model Pembelajaran MASTER,Kemampuan Representasi Matematis, Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Feb 2022 04:36
Last Modified: 15 Feb 2022 04:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17620

Actions (login required)

View Item View Item