PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN CONCEPT MAP TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DAN SELF EFFICACY

RESTIANI, Suyanto (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN CONCEPT MAP TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DAN SELF EFFICACY. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI RESTIANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan literasi matematis dan self efficacy dianggap perlu untuk menanamkan kemampuan dan keyakinan siswa dalam pembelajaran matematika. Berlandaskan hasil pra penelitian di SMA Negeri 5 Bandar Lampung diketahui bahwa kemampuan literasi matematis siswa termasuk dalam kriteria rendah. Hal tersebut diketahui karena terdapat beberapa indikator dari kemampuan literasi matematis yang belum dikuasai, terlihat dari cara siswa mengerjakan soal, yaitu beberapa siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah yang menuntut siswa harus berpikir secara matematis. Selain kemampuan literasi matematis self efficacy siswa juga masih rendah. Hal ini terlihat dari beberapa siswa yang masih kurang yakin atas jawaban yang mereka berikan. Untuk menyikapi permasalahan tersebut penulis memberi solusi dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan Concept MAP dalam upaya meningkatkan kemampuan literasi matematis dan self efficacy siswa. Jenis penelitian ini adalah quasy experimental design (desain eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 5 Bandar Lampung tahun ajaran 2021/2022. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik acak kelas, dimana kelas XI IPS 1 merupakan kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 merupakan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, soal tes literasi matematis, angket self efficacy, dan dokumentasi. Adapun uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multivariate Aanlysis Of Variance (MANOVA). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menggunakan uji MANOVA menunjukkan sig. 0,000 < α = 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan Terdapat pengaruh hasil literasi matematis dan self efficacy antara siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan Concept MAP lebih baik dibandingkan literasi matematis dan self efficacy siswa dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Kata Kunci : Project Based Learning, Concept MAP, Literasi Matematis, Self Efficacy

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Feb 2022 04:17
Last Modified: 15 Feb 2022 04:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17619

Actions (login required)

View Item View Item