ANALISIS ISI PESAN SABAR TOKOH ZAINUDDIN DALAM FILM “TENGGELAMNYA KAPAL VAN DER WIJCK” KARYA BUYA HAMKA (Perspektif Nilai-Nilai Islam dalam Al-Qur’an dan Hadist)

ROHMAWATI, ROHMAWATI (2022) ANALISIS ISI PESAN SABAR TOKOH ZAINUDDIN DALAM FILM “TENGGELAMNYA KAPAL VAN DER WIJCK” KARYA BUYA HAMKA (Perspektif Nilai-Nilai Islam dalam Al-Qur’an dan Hadist). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of FULL SKRIPSI ROHMAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Analisis Isi Pesan Sabar Tokoh Zainuddin dalam Film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck Karya Buya Hamka (Perspektif Nilai-Nilai Islam dalam Al-Qur’an dan Hadist)". Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa kasus kejahatan yang terjadi akhir-akhir ini sebagai dampak dari masa pandemi berkepanjangan. Menurut penulis, hal itu merupakan contoh nyata ketidakmampuan seseorang dalam menjaga sifat sabar dalam diri, lantaran lebih memilih mengikuti hawa nafsu dengan berbagai alasan termasuk alasan himpitan ekonomi. Dalam penelitian ini penulis ingin mengkaji lebih jauh mengenai pesan sabar seorang tokoh dalam sebuah film ditinjau dari perspektif nilai-nilai Islam dalam Al-Qur’an dan Hadist, guna dijadikan sebagai bahan acuan maupun renungan tentang pentingnya kesabaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian Library Research dan teknik analisis data yaitu analisis isi (content analysis) menurut Holsti. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik studi kepustakaan yakni salah satunya adalah dengan membaca buku novel karya Buya Hamka yang berjudul “Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck” yang diterbitkan oleh Gema Insani pada tahun 2017 sebagai alat pengumpulan data yang utama. Kemudian dokumentasi sebagai alat pembantu dalam melengkapi data-data yang ada. Hasil penelitian menurut data yang berhasil dihimpun penulis, diperoleh temuan pesan sabar yang ditunjukkan oleh tokoh Zainuddin dalam film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck yaitu yang pertama tentang kesabaran dalam ketaatan kepada Allah, yang diperlihatkan dalam scene dimana Zainuddin khusu' mendengarkan ustadz yang sedang membacakan kitab. Yang kedua, sabar dalam menjaga hawa nafsu, hal ini digambarkan ketika Zainuddin dituntut untuk tinggal serumah dengan mantan kekasihnya, tetapi Zainuddin mampu menahan hawa nafsunya agar tidak melanggar norma dan syariat. Yang ketiga, sabar dalam pergaulan ,hal ini dibuktikan dengan sikap pemaaf, suka menolong dan tidak sombong yang ditunjukkan oleh tokoh Zainuddin. Yang keempat, sabar dalam menerima cobaan hidup, salah satunya ketika Zainuddin dikucilkan dari pergaulan dan diusir dari kampung kelahiran ayah kandung nya di Batipuh. Kesimpulan dari penelitian ini adalah orang yang memiliki kesabaran akan mampu iii mengendalikan kehendak dirinya diatas kehendak Allah, dan Allah menjanjikan pahala tanpa batas bagi orang-orang yang mau bersabar,sebagaimana yang tertuang dalam firmannya dalam surah Az-Zumar ayat 10 . Kata Kunci : Analisis Isi, Film, Pesan Sabar, Perspektif Nilai Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Feb 2022 03:56
Last Modified: 15 Feb 2022 03:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17617

Actions (login required)

View Item View Item