PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERBASIS Contexstual Teaching and Learning (CTL) UNTUK MENCIPTAKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI DAMPAK LIMBAH RUMAH TANGGA TERHADAP LINGKUNGAN UNTUK KELAS VII

Safitri, Cika Dian (2017) PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERBASIS Contexstual Teaching and Learning (CTL) UNTUK MENCIPTAKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI DAMPAK LIMBAH RUMAH TANGGA TERHADAP LINGKUNGAN UNTUK KELAS VII. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian pengembangan modul IPA terpadu berbasis Contexstual Teaching and Learning (CTL) untuk menciptakan pemahaman konsep pada materi dampak limbah rumah tangga terhadap lingkungan ini adalah untuk mengembangkan modul dan mengetahui kelayakan modul. Produk yang dihasilkan berupa modul IPA Terpadu berbasis Contexstual Teaching and Learning (CTL). Metode penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan model Borg and Gall langkah-langkah penelitian dan pengembangan dalam Sugiono ini meliputi: 1) Potensi dan Masalah, 2) Pengumpulan Data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, 5) Revisi Desain, 6) Ujicoba Produk, 7) Revisi Produk. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII di MTs Negeri 2 Bandar Lampung. Pengumpulan data diperoleh dari hasil validasi instrumen serta uji coba produk skala kecil dan skala besar. Instrumen yang dilakukan berupa skala penilaian untuk mengetahui modul IPA Terpadu berbasis Contexstual Teaching and Learning (CTL) untuk menciptakan pemahaman konsep pada materi dampak limbah rumah tangga terhadap lingkungan. Produk yang dihasilkan melalui tahap validasi kelayakan modul kepada tim validator ahli materi, ahli media, ahli pembelajaran serta guru IPA di MTs Negeri 2 Bandar Lampung memperoleh kriteria “Sangat layak”. Selanjutnya pada aspek uji coba produk skala kecil dan skala besar memperoleh kriteria “Sangat layak”. Berdasarkan hasil penilaian tanggapan oleh para ahli, guru, dan respon peserta didik MTs Negeri 2 Bandar Lampung maka dapat disimpulkan bahwa modul IPA Terpadu berbasis Contexstual Teaching and Learning (CTL) untuk menciptakan pemahaman konsep pada materi dampak limbah rumah tangga terhadap lingkungan sangat digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 30 Oct 2017 07:16
Last Modified: 30 Oct 2017 07:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1761

Actions (login required)

View Item View Item