PERAN TOKOH AGAMA DALAM MENINGKATKAN SOLIDARITAS MASYARAKAT (Studi Di Desa Sidomekar Kecamatan Katibung Lampung Selatan)

NASRULLOH, Saifulloh (2022) PERAN TOKOH AGAMA DALAM MENINGKATKAN SOLIDARITAS MASYARAKAT (Studi Di Desa Sidomekar Kecamatan Katibung Lampung Selatan). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI NASRULLOH 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI NASRULLOH .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Tokoh agama adalah figur yang mampu menjadi aktor dalam penanaman moral sebagai kontrol perilaku individu dalam bertindak dan berperilaku disetiap sisi kehidupan sosialnya.Terutama dalam membangun kedekatan dan solidaritas dalam agama menuju perubahan yang lebih baik, Relasi antara sosial dengan agama sangat erat karena antara kedua sifat ini mempunyai kesinambungan dalam membentuk karakter masyarakat. Demikian halnya yang terjadi di desa Sidomekar kecamatan Katibung kabupaten Lampung Selatan,tokoh agama memiliki kharisma dan pengaruh yang sangat besar didalam keberagamaan maupun masyarakatnya, mereka sangat dihormati dan disegani, sehingga mereka menjadi perekat dalam kehidupan bermasyarakat. Hal tersebut yang menjadikan peneliti tertarik untuk melihat lebih jauh tentang peran tokoh agama di desa Sidomekar dalam meningkatkan solidaritas masyarakat. Masalah yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana peran yang dimainkan para tokoh agama dalam meningkatkan solidaritas masyarakat didalam keagamaan, apa saja kendala-kendala yang dihadapi. Selanjutnya dalam melakukan penelitian pendekatan yang digunakan adalah pendekatan sosiologis dan psikologis. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah Observasi, interview, dan dokumentasi. Selanjutnya Data yang telah dikumpulkan dianalisa dengan menggunakan anlisis Kualitatif; yakni Reduksi data, Display data, dan Verifikasi data. Setelah dilakukan analisa, maka hasil dari penelitian ini disempulkan bahwa: Peran Tokoh Agama dalam Meningkatkan Soldaritas Masyarakat Solidaritas di Desa Sidomekar Kecamatan Katibung Lampung Selatan, memiliki peranan yang penting untuk meningkatkan solidaritas dalam menjalankan keagamaan di antaranya yaitu: Berjalanya solidaritas agama pada para sepuh agama yang sangat terlihat jelas di Desa Sidomekar ditandai oleh beberapa faktor perkembangan rohani dan jasmaninya adalah : Perkembangan pikiran dan mental, Perkembangan sosial, dan moral juga lebih bertoleran dalam setiap tindak keagamaan. Keberagamaan pada orang dewasa bapak�bapak dan ibu-ibu mereka mulai berpikir tentang tanggung jawab dalam membangun kebersamaan dan kekeluargaan, sosial, moral dan keagamaan. :Faktor penghambat. Faktor yang mengahambat peran tokoh agama adalah adanya perbedaan-perbedaan pemahaman keagamaan dan angkuh terhadap tindak keagamaan atau mementingkan pandangan/faham dakwah islamnya masing-masing. tentang hal-hal yang bersifat furu’iyyah(perbedaan). Dan kondisi fanatisme terhadap agama, membuat melemahnya masyarakat menerima penyampaian tokoh agama. Kata Kunci: Tokoh agama dan Solidaritas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Sosiologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Feb 2022 02:58
Last Modified: 15 Feb 2022 02:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17601

Actions (login required)

View Item View Item