PENGARUH KOMPETENSI APARAT PENGELOLAAN DANA DESA, PARTISIPASI MASYARAKAT DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP AKUNTABILITAS PENGELOLAAN DANA DESA DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Kasus Pada Kantor Desa Di Wilayah Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran)

ELLSA, Diah Pramita (2022) PENGARUH KOMPETENSI APARAT PENGELOLAAN DANA DESA, PARTISIPASI MASYARAKAT DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP AKUNTABILITAS PENGELOLAAN DANA DESA DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Kasus Pada Kantor Desa Di Wilayah Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI Ellsa Diah Pramita.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Desa adalah sistem pemerintahan terkecil menuntut adanya pembaharuan untuk mendukung pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa agar jauh dari kemiskinan. Desa mempunyai peran dan wewenang untuk mengurus, mengelola dan mengatur penyeleggaraan pemerintah, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan desa. Sebagaimana dalam Undang-undang Nomor 6 tahun 2014 tujuan adanya dana desa yaitu memajukan perekonomian masyarakat Desa serta mengatasi kesenjangan pembangunan nasional dan memperkuat masyarakat Desa sebagai subjek pembangunan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel 38 responden atau pihak pengelola dana desa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui kuisioner, diproses dan dianalisis menggunakan analisis regresi berganda. Metode yang digunakan dalam penetuan sampel penelitian ini adalah tekhnik Purposive Sampling. Uji kualitas data dalam penelitian ini adalah uji validitas Pearson Correlation dan uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha. Untuk uji hipotesis menggunakan uji koefisien determinasi yang sudah disesuaikann dengan uji F, dan uji t. Hasil data penelitian ini menunjukan bahwa kompetensi aparat pengelolaan dana desa tidak berpengaruh positif terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa, partisipasi masyarakat berpengaruh positif dan signifikan terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa, dan pemanfaatan teknologi informasi tidak berpengaruh positif terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa. Menurut perspektif islam akuntabilitas merupakan sebuah amanah yang dijalankan oleh pemerintah desa sebagai pertanggungjawaban kepada masyarakat. Amanah tersebut berupa pengelolaan dana desa yang baik berdasarkan regulasi dan standar akuntansi yang berlaku. Kata Kunci : Kompetensi Aparat, Partisipasi Masyarakat, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Feb 2022 02:51
Last Modified: 15 Feb 2022 02:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17596

Actions (login required)

View Item View Item