STRATEGI PENDIDIK DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MIN 2 BANDAR LAMPUNG

PUSPITA, BAITY (2022) STRATEGI PENDIDIK DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MIN 2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan pendidik untuk menghadapi peserta didik yang mengalami kesulitan belajar dan faktor penyebab kesulitan belajar matematika yang dialami peserta didik pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif (Kualitatif Deskriptif). Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya temuan data hasil penelitian dianalisis melalui serangkaian analisis kualitatif, seperti melakukan pengumpulan data, mereduksi data yang tidak relevan, menyajikan data, kemudian menarik kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan belajar yaitu adanya faktor internal meliputi: minat peserta didik, motivasi, serta kurangnya disiplin diri dalam belajar. Selain faktor internal terdapat juga faktor eksternal seperti: sarana dan prasarana, lingkungan, serta kurikulum. Lalu strategi pendidik dalam mengatasi kesulitan belajar matematika pada masa pandemic covid-19 di MIN 2 Bandar Lampung adalah dengan memberikan motivasi dan melakukan pendekatan kepada peserta didik ataupun wali murid, menggunakan media pembelajaran, membuat ringkasan materi dan memberikan latihan. Kata Kunci: Kesulitan belajar, Matematika, Strategi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Feb 2022 02:44
Last Modified: 15 Feb 2022 02:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17594

Actions (login required)

View Item View Item