PERBANDINGAN METODEi PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CTL) DAN METODE PEMBELAJARAN PERSONALIZED SISTEM OF INTRUCTION (PSI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA

DADANG, GUFRON (2022) PERBANDINGAN METODEi PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CTL) DAN METODE PEMBELAJARAN PERSONALIZED SISTEM OF INTRUCTION (PSI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI DADANG GUFRON.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Kontekstual CTL terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis siswa, untuk mengetahui pengaruh metode PSI (Personalized Sistem of Intruction) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis siswa, Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan analisis statustik one way anava menggunakan dua variabel bebas yaitu Metode Kontekstual CTL metode PSI (Personalized Sistem of Intruction) , dan satu variabel terikat yaitu Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis . Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu menggunakan Cluster random sampling dengan populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs Miftahul Falah. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIII A, VIII B, VIII C. Instrument yang digunakan yaitu tes Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis berupa 10 soal essay. Analisis data pada penelitian ini adalah uji one way anava . Kesimpulannya diperoleh nilai signifikansi 0,004 < 0,05. Hal ini menunjukan bahwa ditolak, sehingga terdapat perbedaan antara kelas yang menggunakan metode pembelajaran Kontekstual CTL, Personalized Sistem of Intruction (PSI), dan Konvensional. Dengan nilai rata-rata kelas yang menggunakan metode Kontekstual CTL dan metode Personalized Sistem of Intruction (PSI), dapat dilihat pada tabel 4.7, dengan rata-rata nilai 76,26 untuk metode Kontekstual CTL, dan 70,37 untuk rata-rata nilai yang diajar menggunakan metode Personalized Sistem of Intruction (PSI). Maka dapat disimpulkan bahwa metode Kontekstual CTL lebih baik dari pada metode Personalized Sistem of Intruction (PSI). Kata Kunci : Metode Kontekstual CTL, Metode Personalized Sistem of instruction (PSI), Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Feb 2022 02:37
Last Modified: 15 Feb 2022 02:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17593

Actions (login required)

View Item View Item