PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN NIKAH (SIMKAH) DALAM PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN KEDAMAIAN KOTA BANDAR LAMPUNG

Ngesti, Hayu Hamurwani (2022) PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN NIKAH (SIMKAH) DALAM PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN KEDAMAIAN KOTA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI NGESTI HAYU HAMURWANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Kantor Urusan Agama merupakan lembaga pemerintah yang berada di bawah naungan Departemen Agama. Tugas dan wewenang Kantor Urusan Agama adalah melaksanakan tugas kantor Departemen Agama kota dan Kabupaten yang di bidang urusan Agama Islam di wilayah Kecamatan. Kantor Urusan Agama kecamatan merupakan sebuah penymabung atau perentara dari kementrian agama kota atau kabupaten yang menjadi peran penting, peran penting tersebut terlihat dari salah satunya peran ialah pemberi pelayanan pernikahan. Hadirnya Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) dalam pendataan pernikahan sudah diterapkan pada Kantor Urusan Agama Kecamatan, salah satunya sudah diterapkan pada KUA Kecamatan Kedamaian Kota Bandar Lampung. Diterapkannya SIMKAH dengan tujuan untuk mempermudah dalam penyajian data pernikahan di setiap KUA. Hal inilah yang menarik peneliti untuk lebih jauh mengetauhi penerapan SIMKAH dalam pelayanan di KUA Kedamaian sehingga terumuslah Judul mengenai : “Penerapan Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan di Kantor Urusan Agama Kecamatan Kedamaian Kota Bandar Lampung”. Disini tujuan peneliti ingin mendeskripsikan penerapan Sistem Informasi Manajemen Nikaha (SIMKAH) dalam pelayanan pernikahan berbasis teknologi pada Kantor Urusan Agama Kecamatan Kedamaian untuk para calon pengantin. Adapun jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research) kemudian sifat penelitiannya bersifat deskriptif, yakni menggambarkan situasi dan kejadian-kejadian yang ada dengan kebenaran. Untuk mempermudah penelitian, peneliti menggunakan subjek dan objek penelitian yaitu subjeknya terdiri dari ketua KUA, oprator SIMKAH, pegawai KUA kedamaian dan 2 Masyarakat (calon Pengantin). Dengan objek dari penelitian ini mengenai pembahasan yang dikaji yakni mengenai penerapan SIMKAH dalam pelayanan pada KUA Kedamaian. Sedangkan cara pengambilan dan pengumpulan data dengan menggunakan cara Wawancara, Observasi dan dokumentasi. Setelah semua data terkumpul sehinga dilakukan analisa menggunakan metode Kualitatif. Dari hasil penelitian, Penerapan Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan di Kantor Urusan Agama Kecamatan Kedamaian Kota Bandar Lampung menunjukan bahwa SIMKAH di KUA Kedamaian sudah diterapkan dengan baik sesuai dengan tujuan dari diterapkannya SIMKAH yakni mempermudah pelayanan nikah namun masih terdapat kenadala terutama pada kesiapan atau ketersediaan SDM khusus menjadi oprator SIMKAH dan kurangnya sosialisasi kepada masyarakat mengenai pernikahan dengan pendaftaran online melalui SIMKAH. Kata Kunci : Sistem Informasi Manajemen Nikah, Kualitas Pelayanan ii ABSTRACT The Office of Religious Affairs is a government agency under the auspices of the Ministry of Religion. The duties and authorities of the Office of Religious Affairs are to carry out the duties of the office of the Ministry of Religion of the city and regency which are in the field of Islamic affairs in the sub-district area. The sub-district Religious Affairs Office is an intermediary or intermediary from the city or district religious ministry which has an important role, this important role can be seen from one of the roles that is the provider of marriage services. The presence of the Marriage Management Information System (SIMKAH) in marriage data collection has been applied to the District Office of Religious Affairs, one of which has been applied to the KUA of the Peace District of Bandar Lampung City. The implementation of SIMKAH with the aim of facilitating the presentation of marriage data at each KUA. This is what attracts researchers to find out more about the application of SIMKAH in services at the Peace KUA so that the title is formulated: "Implementation of Marriage Management Information System (SIMKAH) in Services at the Office of Religious Affairs, Peace District, Bandar Lampung City". Here the aim of the researcher is to describe the application of the Marriage Management Information System (SIMKAH) in technology-based marriage services at the Office of Religious Affairs in the Peace District for prospective brides. The type of this research is field research, then the nature of the research is descriptive, namely describing situations and events that exist with the truth. To facilitate the research, the researcher used the subject and the object of the research, namely the subject consisted of the head of the KUA, the SIMKAH operator, the employee of the KUA for peace and 2 Communities (prospective brides). The object of this research is the discussion that is being studied, namely regarding the application of SIMKAH in services at the Peace Office. While the way of taking and collecting data by using interviews, observation and documentation. After all the data is collected so that the analysis is carried out using the qualitative method. From the results of the study, the application of the Marriage Management Information System (SIMKAH) in Services at the Office of Religious Affairs in the Peace District of Bandar Lampung City showed that SIMKAH at the Peace KUA had been implemented properly in accordance with the purpose of implementing SIMKAH, namely facilitating marriage services but there were still obstacles, especially in readiness. or the availability of special human resources to become SIMKAH operators and the lack of socialization to the public about marriage with online registration through SIMKAH. Keywords: Marriage Management Information System, Quality Service

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Feb 2022 01:58
Last Modified: 15 Feb 2022 01:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17585

Actions (login required)

View Item View Item