BIMBINGAN KEAGAMAAN DALAM MENANAMKAN IBADAH SHALAT PADA ANAK DI TK AL-HIDAYAH KELURAHAN SAWAH LAMA BANDAR LAMPUNG

Yasmin, Nabila (2022) BIMBINGAN KEAGAMAAN DALAM MENANAMKAN IBADAH SHALAT PADA ANAK DI TK AL-HIDAYAH KELURAHAN SAWAH LAMA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI YASMIN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Bimbingan keagamaan sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak guna membentuk manusia yang beriman dan memiliki kepribadian yang mulia, dalam hal ini pembimbing agama atau guru pembimbing di TK, membimbing anak dalam melaksanakan ibadah shalat yang ditanamkan sejak usia dini. TK Al-Hidayah memiliki kegiatan bimbingan keagamaan untuk menanamkan ibadah shalat pada anak didik, namun kegiatan ini masih memiliki kekurangan yang diantaranya sulitnya pelaksanaan kegiatan bimbingan keagamaan ini karena dalam mendidik anak-anak membutuhkan kesabaran yang ekstra, dengan kegiatan bimbingan keagamaan diharapkan mampu menanamkan ibadah shalat pada anak didik TK Al-Hidayah. Maka perlu ada penelitian mengenai bimbingan keagamaan dalam upaya menanamkan ibadah shalat pada anak di TK Al-Hidayah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan bimbingan keagamaan dan efektifitas kegiatan tersebut dalam menanamkan ibadah shalat pada anak. Untuk menggali data peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskripsi analisis. Penelitian ini bersifat deskriptif, yaitu suatu metode dalam meneliti status kelompok manusia, suatu objek, suatu set kondisi, suatu sistem pemikiran. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru TK yang berjumlah tiga orang dan empat orang walimurid serta anak didik TK Al-Hidayah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data kualitatif dengan metode pengambilan kesimpulan dengan deduktif. Temuan penelitian ini bahwa bimbingan keagamaan di TK Al-Hidayah Pelaksanaan bimbingan keagamaan menggunakan metode bimbingan kelompok dan bimbingan individual dalam menanamkan ibadah shalat. Dalam pelaksanaan bimbingan keagamaan, anak didik diajarkan ibadah shalat dengan cara praktek langsung dengan dibimbing oleh guru. Dengan bimbingan keagamaan tersebut anak didik menjadi mengetahui cara shalat dan terbiasa melaksanakan shalat meskipun harus banyak belajar lagi. Kata Kunci : Bimbingan Keagamaan dan Ibadah shalat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Feb 2022 08:12
Last Modified: 14 Feb 2022 08:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17580

Actions (login required)

View Item View Item