PENGARUH ENVIRONMENTAL PERFORMANCE DAN ENVIRONMENTAL DISCLOSURE TERHADAP ECONOMIC PERFORMANCE DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) tahun 2016-2019)

ALIFIA, SAFITRI (2022) PENGARUH ENVIRONMENTAL PERFORMANCE DAN ENVIRONMENTAL DISCLOSURE TERHADAP ECONOMIC PERFORMANCE DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) tahun 2016-2019). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,5 dapus.pdf] PDF
Download (605kB)
[thumbnail of skripsi full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Economic Performance merupakan kinerja perusahaan dalam mencapai suatu target ekonomi yang ditandai dengan return tahunan perusahaan. Pada masa sekarang perekonomian pasar menuntut terwujudnya kondisi Good Economic Performance, yakni tidak hanya menuntut terciptanya kinerja ekonomi yang hanya memfokuskan pada terciptanya keuntungan yang besar bagi perusahaan, tetapi perlu disertai dengan perilaku kinerja ekonomi yang memperhatikan lingkungan hidup. Namun efek kesadaran lingkungan perusahaan yang ditunjukan dengan kinerja lingkungan (environmental performance) dan pengungkapan lingkungan (environmental disclosure) terhadap kinerja perusahaan masih belum pasti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh environmental performance dan environmental disclosure terhadap economic performance dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Dengan objek penelitian sebanyak 37 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) tahun 2016-2019. Data penelitian ini adalah data sekunder yang bersumber dari Bursa Efek Indonesia (BEI) dan situs web perusahaan terkait, serta laporan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan (PROPER) yang diterbitkan kementrian lingkungan hidup. Untuk metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel Environmental Performance dan Environmental Disclosure berpengaruh positif dan signifikan terhadap Economic Performance. Secara simultan variabel Environmental performance dan Environmental Disclosure berpengaruh signifikan terhadap Economic Performance dalam perspektif islam. Kata kunci: Environmental Performance, Environmental Disclosure, Economic Performance.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Feb 2022 04:54
Last Modified: 14 Feb 2022 04:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17567

Actions (login required)

View Item View Item