PENGARUH OPINI AUDIT TAHUN SEBELUMNYA, UKURAN PERUSAHAAN, DAN KONDISI KEUANGAN TERHADAP OPINI GOING CONCERN (Studi Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Pada Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2014-2019)

WIWIN, WIDANINGSIH (2022) PENGARUH OPINI AUDIT TAHUN SEBELUMNYA, UKURAN PERUSAHAAN, DAN KONDISI KEUANGAN TERHADAP OPINI GOING CONCERN (Studi Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Pada Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2014-2019). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 5 dapus.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of BISMILLAH SKRIPSI WIWIN FIXX CETAK.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Laporan keuangan memiliki peranan penting bagi pihak internal dan eksternal perusahaan. Auditor juga bertanggung jawab untuk memperoleh bukti audit yang cukup dan tepat agar dapat memberikan asumsi kelangsungan usaha (going concern) sebuah perusahaan melalui laporan keuangan yang telah disusun dan disajikan oleh manajemen. Going concern merupakan kemampuan suatu entitas dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya dimasa yang akan datang dalam jangka waktu yang pantas. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: Apakah opini audit tahun sebelumnya , ukuran perusahaan, kondisi keuangan berpengaruh terhadap opini going concern Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Pada Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) Periode 2014-2019)? , Apakah auditor dalam memberi opini audit tahun sebelumnya Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Pada Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) Periode 2014-2019) tetap dapat mempertahankan sikap independensinya sesuai dengan syariat islam ? Dan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh opini audit tahun sebelumnya terhadap opini going concern Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Pada Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) Periode 2014-2019), Untuk menganalisa apakah auditor dalam memberi opini audit tahun sebelumnya Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Pada Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) Periode 2014-2019) tetap dapat mempertahankan sikap independensinya sesuai dengan syariat islam. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, data yang digunakan merupakan data sekunder yaitu Laporan Keuangan perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar Pada Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) Periode 2014-2019. Metode analisis data yang di gunakan adalah Uji regresi logistik. Analisis logististik digunakan untuk mengetahui probabilitas pada variabel terikat sebelum dinyatakan ada dan dapat diprediksi oleh variabel bebasnya. Populasi yang digunakan yaitu seluruh perusahaan dalam sektor pertambangan yang listing di ISSI tahun 2014-2019, sampel yang iv digunakan diperoleh 9 perusahaan, dan Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian diperoleh opini audit tahun sebelumnya tidak berpengaruh signifikan terhadap opini going concern. Ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap opini going concern, kondisi keuangan tidak berpengaruh signifikan terhadap opini going concern. Dan auditor pada saat melakukan pengungkapan terhadap laporan keuangan perusahaan mengenai opini audit tahun sebelumnya yang diterima perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar pada Index Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2014- 2019 tetap dapat mempertahankan sikap independensinya sesuai dengan syariat islam. Kata kunci: Opini Audit Tahum Sebelumnya, Ukuran Perusahaan, Kondisi Keuangan, Opini Going Concern

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Feb 2022 04:52
Last Modified: 14 Feb 2022 04:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17566

Actions (login required)

View Item View Item