PENGARUH SIZE, RETURN ON ASSETS DAN LEVERAGE TERHADAP ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR) (studi Empiris pada Bank Umum Syariah di Indonesia Tahun 2015-2019)

YAMANHAR, ZUBKI (2022) PENGARUH SIZE, RETURN ON ASSETS DAN LEVERAGE TERHADAP ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR) (studi Empiris pada Bank Umum Syariah di Indonesia Tahun 2015-2019). Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of THESIS YAMAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Islamic Social Reporting Merupakan standar pelaporan kinerja social perusahaan yang berlandaskan syariah Islam. Lahir dari standar pelaporan berdasarkan AAOIFI (Accountingand Auditing Organization for Islamic FinancialInstitutions) sebuah lembaga regulasi keuangan Islam internasional yang kemudian dikembangkan diberbagai negara. Ada beberpa faktor yang mempengaruhi Islamic Social Reporting antara lain ukuran perusahaan, profitabilitas perusahaan dan hutang perusahaan. Dari latar belakang masalah di atas, terdapat rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat pengaruh ukuran perusahaan terhadap Islamic Social Reporting?kemudian apakah terdapat pengaruh Return On Asset terhadap Islamic Social Reporting? apakah terdapat pengaruh Leverage terhadap Islamic Social Reporting? Dan adakah pengaruh Size, Return On Asset dan Leverage terhadap Islamic Social Reporting bank Umum Syariah di Indonesia? Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan terhadap Islamic Social Reporting, untuk mengetahui pengaruh Return On Asset terhadap Islamic Social Reporting, mengetahui pengaruh pengaruh Leverage terhadap Islamic Social Reporting, mengetahui pengaruh Size, Return On Asset dan Leverage terhadap Islamic Social Reporting bank Umum Syariah di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif.Sumber data dalam penelitian ini bersumber dari data-data sekunder.Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi berupa Statistik perkembangan perusahaan yang menerbitkan sukuk ijarah dan data-data yang dipublikasikan oleh Bursa Efek Indonesai dan Otoritas Jasa Keuangan.Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis uji secara parsial dan secara berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Secara Parsial, pertama,variable Size memiliki pengaruh yang positif terhadap Islamic Social Reporting Bank Umum Syariah di Indonesia. Kedua, Return On Asset tidak memiliki pengaruh terhadap Islamic Social Reporting Bank Umum Syariah di Indonesia. Ketiga, Variable Leverage memiliki pengaruh terhadap Islamic Social Reporting Bank Umum Syariah di Indonesia.Adapun secara simultan penerbitan Size, Return On Asset dan Leverage memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Islamic Social Reporting Bank Umum Syariah di Indonesia. Kata Kunci: Size, ROA, Leverage dan ISR

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Feb 2022 04:21
Last Modified: 14 Feb 2022 04:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17555

Actions (login required)

View Item View Item