PENGARUH PROGRAM K3 (KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA) TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH (BPRS) BANDAR LAMPUNG

MUHAMMAD, FATHIR (2022) PENGARUH PROGRAM K3 (KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA) TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH (BPRS) BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI MUHAMMAD FATHIR.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan serta meganalisis pengaruh penerapan program K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) terhadap kinerja karyawan di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Bandar Lampung. Dalam penelitian kali ini, penulis menemukan masalah dengan beberapa sumber data tentang angka kecelakaan kerja, dimana hal itu terjadi akibat kurangnya kesadaran terhadap perusahaan tentang pentingnya penerapan program K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja). Data yang berasal dari BPJS Ketenagakerjaan mengenai jumlah kasus kecelakaan kerja dari tahun 2016 – 2019 terus mengaami kenaikan. Hal inilah yang diduga dapat mempengaruhi kinerja seorang karyawan dalam menjalankan pekerjaan disuatu perusahaan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dan wawancara. Wawancara dilakukan diawal penelitian untuk memperoleh informasi atau data awal penelitian mengenai profil perusahaan termasuk jumlah karyawan. Pengumpulan data dilakukan ketika penulis telah menerima hasil jawaban dari 30 karyawan lewat angket/kuesioner yang telah penulis berikan kepada karyawan. Kemudian data-data yang telah terkumpul diolah untuk kemudian disertakan deskripsi dan analisis. Hasil penelitian kali ini menunjukkan bahwa penerapan program K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) berpengaruh simultan terhadap kinerja karyawan dengan masing-masing nilai signifikansi tiap variabel yaitu, 0.00 untuk variabel keselamatan kerja dan 0.47 untuk variabel kesehatan kerja, dimana nilai tersebut telah memenuhi standar nilai signifikansi suatu penelitian dengan nilai <0.05. Dengan demikian, semakin tinggi tingkat keselamatan dan kesehatan kerja, semakin tinggi pula tingkat kinerja karyawan di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Bandar Lampung. Kata kunci : Karyawan, Kinerja, Program K3 (Keselamatan dan Keseahatan Kerja)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Feb 2022 03:54
Last Modified: 14 Feb 2022 03:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17550

Actions (login required)

View Item View Item