PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT MENGGUNAKAN SANDI SEMAPHORE PRAMUKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SISWA

SITI, NURFAJRIAH (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT MENGGUNAKAN SANDI SEMAPHORE PRAMUKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SISWA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Siti Nurfajriah Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi BAB 1-2.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil pra survey di SMP Al-Huda Jati Agung diketahui bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih rendah. Hal tersebut diketahui karena ada beberapa indikator dari kemampuan pemecahan masalah matematis yang belum dikuasai siswa, terlihat dari cara siswa mengerjakan soal, yakni beberapa siswa langsung menjawab pertanyaan tanpa menuliskan apa yang diketahui dan ditanya pada soal. Siswa tidak mengoreksi kembali jawaban mereka setelah selesai menjawab soal dan tidak mencari alternatif jawaban lain serta tidak menyimpulkan solusi dari soal tersebut. Sekolah menggunakan model pembelajaran konvensional, dimana guru menjelaskan materi kemudian siswa diberi latihan-latihan soal. Hal tersebut mengakibatkan pembelajaran dikelas masih berpusat pada guru. Tujuan penelitian ini ialah (1) Untuk mengetahui pengaruh siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) menggunakan sandi semaphore pramuka terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. (2) Untuk mengetahui pengaruh tipe kepribadian siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. (3) Untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran dengan tipe kepribadian siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy eksperimental design dengan rancangan faktorial 2x4. Populasi penelitian siswa seluruhnya kelas VII SMP Al-Huda Jati Agung. Materi yang digunakan pada penelitian ini yaitu garis dan sudut. Teknik pengambilan sampel secara acak pada dua kelas sebagai sampel. Teknik pengumpulan data melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket tipe kepribadian. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis variansi dua jalan sel tak sama. Menurut hasil penelitian dan pembahasan hasil perhitungan uji analisis variansi dua jalan sel tak sama didapatkan bahwa: (1) Ada pengaruh model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) menggunakan sandi semaphore pramuka terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. (2) Tidak ada pengaruh tipe kepribadian siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. (3) Tidak ada interaksi antara model pembelajaran dengan tipe kepribadian siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata kunci : Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), Sandi Semaphore Pramuka, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Tipe Kepribadian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Feb 2022 03:46
Last Modified: 14 Feb 2022 03:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17548

Actions (login required)

View Item View Item